Dalang Cilik Banyumas Maju Ke Festival Dalang Bocah Tingkat Nasional 2020

Sabtu, 31 Oktober 2020 | 573 Kali
Dalang Cilik Banyumas Maju Ke Festival Dalang Bocah Tingkat Nasional 2020

Semarang - Catur Putra Sinatria seorang dalang kecil wakil dari Kabupaten Banyumas berhasil meraih Juara I Festival Dalang Bocah Tahun 2020 yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah hasil kerjasama dengan Pepadi Provinsi Jawa Tengah pada Rabu s.d Kamis (28-29/10) yang lalu.

 

Bertempat di Gedung Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang (UNNES), Festival Dalang Bocah Tahun 2020 dilaksanakan dalam rangka Hari Wayang Nasional dan diikuti oleh wakil dari masing-masing Korwil Pepadi yang terdiri dari Banyumas, Pekalongan, Kedu, Solo, Semarang dan Pati.

 

Wakil Banyumas berhasil meraih Juara I dengan nilai 1.566 dan mengungguli peserta lainnya. Dewan Juri Festival Dalang Bocah yang terdiri dari Dr. Widodo BS, S.Sn, M.Sn selaku ketua merangkap anggota, Ki Joko Santosa dan Ki Ngabehi Edy Sulistiono, S.Sn, M.Hum selaku anggota memutuskan Wakil Kabuaten Banyumas menjadi Juara I diikuti wakil dari Solo Raya sebagai Juara II dan wakil dari Kedu sebagai Juara III. Dengan demikian Catur Putra Sinatria berhak maju ke tingkat nasional yang akan diselenggarakan pada tanggal 7 November oleh Pepadi Pusat.

 

Korwil Pepadi Banyumas mengirimkan Catur Putra Sinatria yang duduk di kelas V SDN Danasri Kediri Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas berdasarkan hasil Festival Dalang Cilik dan Dalang Muda yang diselenggarkaan di Gedung Kesenian Soetedja pada 24 Oktober 2020 yang lalu yang diikuti oleh 3 dalang bocah dan 4 dalang muda. Dalang bocah adalah anak berusia dibawah 13 tahun sedangkan dalang muda berusia 13 s.d 19 tahun.

Komentar