Prosesi Boyongan Saka Guru

Jumat, 17 Pebruari 2017 | 5918 Kali
Prosesi Boyongan Saka Guru

Banyumas- Kirab boyongan saka guru si panji di laksanakan pada hari jum'at sore tanggal 17 Februari 2017, Pelaksanaan kirab akan dimulai dari halaman pendapa Kecamatan Banyumas menuju ke Pendapa Si Panji Purwokerto melalui rute Kalibagor, Sokaraja, Berkoh, Alun - Alun. Saka guru sipanji akan di kirab secara estafet oleh masyarakat dari wilayah yang dilalui kirab sampai dengan Berkoh, kemudian kirab dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan menuju pendapa Si Panji Purwokerto.

Kirab Boyongan Saka Guru merupakan prosesi perpindahan pusat pemerintahan Kabupaten Banyumas yang awalnya di Kota Banyumas berpindah ke Kota Purwokerto. Pada saat perpindahan pusat Pemerintahan seluruh elemen masyarakat tak terkecuali punggawa praja yang bersinergi bersama masyarakat bergotong royong dan bahu-membahu memindahkan beberapa material penting dalam upaya percepatan pembangunan pendopo baru, dari satu kegiatan ini berkembang menjadi sebuah warisan luhur betapa pentingnya sebuah usaha yang di barengi dengan pola terstruktur masyarakat saling membantu, tentunya ada yang mengangkat bahan baku tiang, peralatan pembuatan serta perbekalan dan berbagai atribut sepiritual yang terbangun pada masa itu.

Dari berbagai opini serta cerita tutur tersebut, Pemerintah Kab. Banyumas dalam hal ini melalui DINPORABUDPAR Kab. Banyumas Bidang kebudayaan berupaya memberikan wawasan sejarah dengan edukasi sederhana dimana potensi pandang dengar bisa di bangun dari berbagai sisi yang salah satunya adalah kekayaan sejarah yang mampu dieksploitasi kepada khalayak sebagai bahan dan sumber pengetahuan umum dimasa kini dari sebuah kejadian masa lalu untuk di ingat dan di pelajari nilai-nilai tauladannya dan budi pekertinya.

Komentar