Lomba Dalang Enom Festival Curug Nangga Peringati Hari Wayang Sedunia

Rabu, 25 November 2020 | 626 Kali
Lomba Dalang Enom Festival Curug Nangga Peringati Hari Wayang Sedunia

Purwokerto - Panitia Festival Curug Nangga bekerjasama dengan Dinporabudpar Kabupaten Banyumas dan Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Banyumas menyelenggarakan Lomba Dalang Enom secara virtual dalam rangka Hari Wayang Sedunia.


Event virtual yang diikuti oleh 7 dalang muda dari wilayah Kabupaten Banyumas, diselenggarakan dengan pengiriman video oleh para peserta dan dilaksanakan penjurian pada Selasa (24/11) lalu. Tim juri yang bertugas adalah Sunggih Suharto sebagai ketua merangkap anggota, Bagas Kriswanto dan Dwi Setya Budi, S.Sn keduanya sebagai anggota. Kriteria yang dinilai adalah Dodhogan dan Keprakan, Suluk, Antawecana dan Sabet. Berdasarkan Berita Acara Lomba yang ditandatangani oleh para juri, diputuskan sbb:
Juara I diraih Hafidz Panji Laksono dari Kedungbanteng dengan nilai 1.015;
Juara II diraih Rusli Ardi Kuncoro dari Tambaknegara Rawalo dengan nilai 958;
Juara III diraih Arif Nurseto dari Gaandatapa Sumbang dengan nilai 955;
Harapan I diraih Wahyu Tri Nugroho S dari Purwokerto dengan nilai 914;
Harapan II diraih Anandias Amanuloh dari Cikidang Cilongok dengan nilai 871.

 

Bagoes Satria selaku panitia mengatakan bahwa sejak awal pendaftar berjumlah 10 (sepuluh) orang, hanya saja 3 (tiga) dari mereka mengundurkan diri karena faktor kesiapan. "Mengingat tidak hanya dalangnya saja yang berlatih akan tetepi pengrawit juga", ungkapnya.

 

Kegiatan yang merupakan satu rangkaian Festival Wisata Curug Nangga ini sedianya akan dilaksanakan secara live, hanya saja dikarenakan pandemi covid-19 di Kabupaten Banyumas yang mulai tidak terkendali sehingga dialihkan menjadi virtual. Beberapa point dari rundown kegiatan terpaksa harus ditiadakan seperti pawai, hiburan, serta kolaborasi seni terpaksa harus ditiadakan. Diganti dengan Live Streaming "Sarasehan Pariwisata & Budaya" Festival Curug Nangga pada Sabtu (28/11) Pukul 16.00 wib di kanal Dinporabudpar Banyumas, dengan Joko Pramono (Anggota Fraksi PKS DPRD Banyumas), Bambang Wadoro (budayawan) dan R. Satria Setyanugraha (Dosen Universitas Perwira Purbalingga) dan Rianto Rumah Lengger sebagai bintang tamu. Virtual event ini akan menyajikan Prosesi Slametan Curug Nangga dan Sendra Tari Sirnaning Angkara Murka, Profil Desa Wisata Petahunan - Legenda dan Sejarah Curug Nangga, Dagelan Teater Tubuh - Lengger dengan host Ucil dan Kang Depe, Pokdarwis Desa Petahunan - Pokja Curug Nangga.

 

 

 

Komentar