Wayang Kulit Gagrag Banyumasan

Selasa, 17 September 2019 | 13040 Kali
Wayang Kulit Gagrag Banyumasan

Wayang kulit gagrag Banyumasan merupakan jenis pertunjukan wayang kulit dengan gaya dan bahasa dialek Banumas.  Lakon-lakon yang ditampilkan dalam pementasan tidak jauh berbeda dengan wayang kulit purwa yang bersumber dari kitab Mahabarata dan Ramayana.  Spesifikasi wayang kulit gagrag Banyumas adalah terletak pada teknik pembawaannya yang sangat dipengaruhi oleh latar belakang budaya masyarakat lokal yang memiliki pola kehidupan sebagai masyarakat agraris.  Hal tersebut dapat dilihat pada berbagai sisi seperti sulukan, penokohan dimana tokoh-tokoh tertentu merupakan local genius Banyumasan, sanggit cerita, iringan serta lainnya.

 

MANDARIN:

Gagrag Banyumasan 皮影戏 是用Banyumas 的原始语言进行的皮影戏 表演.剧中所展示的人物与《摩诃婆罗多》、《罗摩衍那》书籍中的人物并无太大区别. Gagrag Banyumasan 皮影戏 的标志是根据 Banyumas 社区作为农业社会的当地文化背景讲故事。这可以在各种事物中看到,例如从有影响力的Banyumas人物、故事内容、伴奏等中提取的故事的特征。 

{Diterjemahkan dalam bahasa Mandarin oleh Farras Alwan Raihan (Unsoed Purwokerto 2021)}

 

ENGLISH:

Gagrag Banyumasan Puppet
Tuesday, 17 September 2019 | 11692 times
Gagrag Banyumasan Puppet is a type of shadow puppet show using Banyumas style, language, and dialect. The plays featured in the performance do not much dissimilar from the Purwa leather puppet shows from the Mahabharata and the Ramayana. The characteristic of Banyumas Gagrag leather puppet lies in its personality technique performance which is strongly influenced by the cultural background of local communities who have a pattern of life as an agricultural society. This can be seen in various aspects such as nicknames, characterizations in which certain characters are Banyumasan local geniuses, sanggit (power of thinking) stories, accompaniments, and others.

 

JAPANESE:

バニュマサンガラグレザー人形は、バヌマ方言のスタイルと言語を持つ革の人形劇の一種です。 舞台に登場する演技は、マハバラタやラーマヤナを調達したプルワレザー人形とあまり変わりません。 ガラグバニュマ革人形の仕様は、農業社会としての生活のパターンを持つ地元の人々の文化的背景に大きく影響される運搬技術に位置しています。 スルーカン、ペノコなど、地元の天才バニュマサン、サンギット・セリータ、伴奏など様々な側面で見ることができます。

 
Translated By:

Dyah Raina Purwaningsih
Tri Wahyu Setiawan Prasetyoningsih
Dian Bayu Firmansyah

Fakultas Ilmu Budaya
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN PURWOKERTO

 

Komentar