Grebeg Sura Baturraden, Meriah

Selasa, 02 Oktober 2018 | 708 Kali
Grebeg Sura Baturraden, Meriah

Baturraden - Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas kembali menyelenggarakan Festival Baturraden "Grebeg Sura" Baturraden pada Minggu (30/9) yang lalu.

Diikuti oleh 12 desa wilayah di Kecamatan Baturraden dan beberapa peserta exhibisi, rangkaian kegiatan  dimulai dengan kirab gunungan hasil bumi, tumpeng triwarna, ziarah makam dan kemudian larung sesaji di sungai Gumawang yang membelah lokawisata Baturraden, pemotongan wedhus kendhit, pagelaran wayang ruwat bumi siang dan malam harinya, disaksikan oleh ribuan wisatawan yang memadati sepanjang jalan yang dilalui peserta dan juga memadati kompleks lokawisata Baturraden. Gunungan hasil bumi diperebutkan warga di garis finish di Bukit Bintang Baturraden setelah didoakan. Prosesi yang selalu  menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ikut menyaksikan rangkaian Grebeg Sura Baturraden ini. 

Jajaran Forkompimda turut ambil bagian dalam prosesi nyekar di makam Baturraden dan dilanjutkan dengan ikut melarung sesaji. Wakil Bupati Banyumas Drs. Sadewo Tri Lastiono berkenan hadir dalam prosesi tersebut. Ratusan ibu yang membawa anak kecil juga berbaris agar putra-putri mereka disuwuk oleh Wakil Bupati Banyumas tersebut, dengan harapan semoga kelak mereka bisa menjadi pemimpin di masa yang akan datang. 

Kepala Dinporabudpar Drs. Asis Kusumandani, M.Hum menyatakan bahw gelaran Grebeg Sura ini mampu mendongkrak kunjungan wisatawan ke Baturraden. Bahkan wisatawan mancanegara dari Hongaria khusus menyempatkan datang dan menyaksikan rangkaian Grebeg Sura ini. Diperkirakan jumlah pengunjung hampir sama seperti hari ke-3 lebaran dimana jumlah pengunjung mencapai 30 ribu wisatawan lebih. "Setiap tahun kegiatan Grebeg Sura ini selalu dievaluasi Dinporabudar sehingga tidak monoton dan membosankan dengan tidak meninggalkan inti dari acara pokoknya", pungkasnya.

Dalam kegiatan ini 12 desa peserta kirab juga diperlombakan dengan kriteria jumlah rombongan, ketertiban, keserasian busana, isi tenong/kelengkapan dan kreatifitas masing-masing peserta maka diputuskan oleh dewan juri yang bertugas yaitu:

1. Ny. Budi Pramono sebagai ketua merangkap anggota

2. Giatno, SH sebagai anggota

3. Irianto sebagai anggota 

Memutuskan para juara sbb:

Juara 1 : Desa Kemutug Lor

Juara 2 : Desa Purwosari

Juara 3 : Desa Rempoah

Harapan 1 : Desa Kebumen

Harapan 2 : Desa Pamijen

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar