Kunjungi Desa Wisata Pekunden, Sandiaga Uno Resmikan Pekunden Sebagai 75 Desa Wisata Terbaik

Senin, 12 Juni 2023 | 1299 Kali
Kunjungi Desa Wisata Pekunden, Sandiaga Uno Resmikan Pekunden Sebagai 75 Desa Wisata Terbaik

Pekunden Banyumas - Desa Wisata Pekunden, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas mendapat kehormatan dikunjungi Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahudin Uno pada Minggu (11/6).

 

Kunjungan Sandiaga Uno ini adalah suatu rangkaian kegiatan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023. Sebagaimana diketahui, Desa Wisata Pekunden adalah satu (1) dari lima desa wisata di Jawa Tengah yang lolos 75 besar ADWI 2023 selain Desa Wisata Besani (Kab. Batang), Desa Wisata Sidowarno (Kab. Klaten), Desa Wisata Conto (Kab. Wonogiri) dan Desa Wisata Sambongrejo (Kab. Blora).

 

Desa Wisata Pekunden ini memiliki daya tarik wisata seperti Kampung Mino, Oemah Gamelan, Kebun Buah Naga, Oemah Batik, Oemah Manggleng, Kampung Garmen dan lainnya. Pada tahun 2022 lalu, Desa Wisata Pekunden ini berhasil meraih Juara 1 pada Gelar Desa Wisata Jawa Tengah Tahun 2022 di Borobudur Magelang pada 26 November 2022 lalu. Selengkapnya baca disini.

 

Mas Menteri seperti biasa beliau disapa, mengunjungi Kampung Mino dan berkenan membuat mino khas Banyumas dan membandingkan dengan Mochi di Jepang. Beliau mengatakan bahwa kalau dikemas dengan baik, mino ini bisa menjadikan produk ekonomi kreatif yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mas Menteri pun meresmikan Desa Wisata Pekunden sebagai 75 Desa Wisata Terbaik dan menyerahkan piagam penghargaan.  "Semoga dengan hadirnya Mas Menteri menjadikan desa Pekunden sebagai desa pariwisata menjadi tambah semangat, maju dan produktif" Bupati Banyumas Achmad Husein menambahkan sebagai harapan.

 

Sebelumnya, 2 orang Juri Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yaitu Dr. Drs. I Made Wena, M.Si (Dosen Universitas Mahasaraswati Denpasar) dan Prof. Dra. Fatmawati Lestari, M.Si, PhD (Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia) kunjungi Desa Wisata Pekunden pada Sabtu (10/6) dan melaksanakan penjurian kepada 75 Desa Wisata Terbaik ADWI 2023.

 

 

 

 

 

Komentar