Serayu Festival Tahun 2018

Senin, 13 Agustus 2018 | 2976 Kali
Serayu Festival Tahun 2018

RAWALO - Festival Serayu 2018 kembali digelar pada Sabtu-Minggu (11-12/8) kemarin. Kegiatan berpusat di Bendung Gerak Serayu Kecamatan Rawalo, pada hari Sabtu dilaksanakan Balap Perahu Pasir dan Minggu dilaksanakan Festival Perahu Hias.


Mengambil tema "Merajut Tepian Sungai Serayu", Festival Serayu 2018 hari pertama kegiatan Balap Perahu Pasir mengambil start di dermaga pasir Bendung Gerak Tambaknegara, Kecamatan Rawalo. Diawali dengan upacara 'Mimiti" oleh para sesepuh Kalitanjung Tambaknegara Rawalo.

Balap perahu pasir ini diikuti oleh kurang lebih 25 tim, balapan hari pertama ini adalah babak penyisihan untuk final pada keesokan harinya, yaitu Sabtu dan pelaksanaannya setelah Festival Perahu Hias selesai. Dengan demikian diharapkan balapan perahu pasir ini juga menjadi daya tarik karena disaksikan penonton yang juga menyaksikan Festival Perahu Hias. Pada hari pertama juga dilaksanakan Lomba Lukis Tingkat SMP/Sederajat, bertempat di Cafe Mercusii di sebelah utara Bendung Gerak Serayu. Lomba lukis ini bertema "Aku Cinta Serayu" bertujuan mengenalkan potensi wisata Sungai Serayu kepada siswa-siswi SMP/Sederajat. Selain lomba lukis, juga lomba foto selfi dengan handphone dan lomba foto profesional untuk umum.


Pada hari kedua, di dermaga pasir Sokawera dilaksanakan upacara pelepasan perahu yang mengikuti Festival Perahu Hias. Hadir pada acara ini, Forkompinda Kabupaten Banyumas, Bupati Banyumas Terpilih Ir. Achmad Husein, dan tamu undangan. Diikuti oleh 27 perahu hias yang diikuti oleh SKPD, pelaku wisata, bisnis, BUMD/BUMN dan lainnya. Antusias penonton disekitar sungai Serayu ini sangat tinggi, dimana sepanjang jalan yang berada di tepian Sungai Serayu dipadati penonton. Di Jembatan Merah penonton membludak memenuhi jembatan dari ujung utara sampai selatan. Mereka ingin mengabadikan lewatnya perahu-perahu hias ini dari atas ketinggian. Para jurnalis dan komunitas fotopun banyak mengambil gambar dari area ini.


Setelah perahu-perahu hias ini finish di Bendung Gerak Serayu, disana disambut dengan gelaran kesenian ebeg dan lengger (begger) dan musik Koes Plus. Selanjutnya adalah pelaksanaan final Balap Perahu Pasir. Tak luput tenda-tenda kuliner khas Banyumasan pun turut berpartisipasi pada gelaran Festival Serayu tahun ini.

 

Berikut para juara Perahu Hias Festival Serayu 2018:
Juara 1 : PDAM Tirta Satria
Juara 2 : DPMPPTSP Kab. Banyumas
Juara 3 : RSUD Banyumas
Harapan 1 : DINPERINDAG Kab. Banyumas
Harapan 2 : Aliansi Pariwisata Banyumas

 

Sedangkan Juara Balap Perahu Pasir adalah sbb:
Juara 1 : Brayan Ngesti I
Juara 2 : Akas II
Juara 3 : Idaman Hati, Gandulekor
Harapan 1 : Brayan Ngesti II
Harapan 2 : Gablug I

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar