Dinporabudpar Gelar Workshop Pedalangan dan Lomba Lukis Mewarnai dan Karya Tulis Anak

Senin, 19 Agustus 2019 | 4039 Kali
Dinporabudpar Gelar Workshop Pedalangan dan Lomba Lukis Mewarnai dan Karya Tulis Anak

Banyumas - Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas kembali menyelenggarakan Workshop Seni Pedalangan Gagrag Banyumasan yang dilaksanakan pada Rabu (14/08) bertempat di Museum Wayang Banyumas.

 

Sebagai tindak lanjut Seminar Pedalangan yang digelar bulan Agustus tahun 2018 yang lalu, workshop kali ini juga mengambil tema gagrag Banyumasan. Diikuti oleh 50 orang dalang dari Banyumas dan sebagian siswa SMKN 3 Banyumas jurusan pedalangan.

 

Dibuka dengan sajian Lengger Banyumasan dari Sanggar Kamajaya, dan sambutan dari Bupati Banyumas yang dibacakan oleh Kepala Diporabudpar Kabupaten Banyumas Drs. Asis Kusumandani, M.Hum. Dalam sambutannya Bupati mengharapkan agar wong Banyumas harus bangga memiliki gaya pedalangan yang khas, yaitu pakeliran gagrag Banyumasan yang kental dengan nuansa kerakyatannya. Hal ini mencerminkan watak dan karakter wong Banyumas yang jujur, sportif dan terus terang (cablaka atau blakasuta) sebagai ekspresi dan sifatnya yang lebih bebas, sederhana dan lugas serta egaliter (tanpa membeda-bedakan kasta, semuanya setara). Pakeliran Gagrag Banyumasan juga ikut berperan sebagai bentuk seni klangenan serta dijadikan wahana untuk mempertahankan nilai etika, devosional dan hiburan.

 

Sejalan dengan hal tersebut, serta dalam rangka mewujudkan tatanan masyarakat yang berbudaya serta berkepribadian dengan menunjung nilai nasionalisme dan religius, Bupati juga berharap Workshop Pedalangan Gagrag banyumasan serta lomba mewarnai gambar, seni lukis dan karya tulis di komplek Museum Wayang Banyumas bisa menjadi sarana untuk pencerahan dan pembelajaran sekaligus untuk memantapkan komitmen, sinergi dan gerak langkah bersama dari para seniman pedalangan dalam rangka pelestarian dan pengembangan seni pedalangan Gagrag Banyumasan serta menumbuhkan bakat seni dan kreasi anak-anak sekaligus menumbuhkan kecintaan mereka terhadap Museum Wayang Banyumas.

 

Narasumber workshop kali ini adalah dalang Sigit Aji Sabdo Priyono, S.Sn yang merupakan putra dari dalang legendaris Banyumas Sugito Purwo Carito, Sriyono, S.Pd yang merupakan Ketua Pepadi Banyumas, dan Sungging Suharto budayawan asli Banyumas.

 

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan lomba mewarnai untuk siswa Taman Kanak-kanak dan lomba lukis untuk Siswa SD/Sederajat, lomba karya tulis untuk SMP/Sederajat dengan tema museum wayang.
Tampil sebagai juara lomba mewarnai tingkat TK:
Juara I : Sulthan dari TK Pertiwi 02 Pangbatan;
Juara II : Allen dari TK Tunas Rimba I Purwokerto Barat;
Juara III : Kirana Bening Arsanti dari TK Pertiwi Jambu Wangon.

Tampil sebagai juara lomba lukis tingkat SD/Sederajat:
Juara I : Adi Nur Saputra dari SDN 3 Sokawera;
Juara II : Nurmala Prisilia dari SDN 3 Purwanegara;
Juara III : Aretha Hayuning Mulyadi dari SDN Pesantren.

Lomba karya tulis Tingkat SMP/Sederajat:
Juara I   : Lisa Nur Septiani dari SMPN 2 Sokaraja;

Juara II  : Shabi Laresma dari SMPN 1 Purwokerto;

Juara III :Embun Kahuripan  dari SMPN 2 Purwokerto.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar