Kemeriahan Banyumas Extravaganza 2018

Senin, 16 April 2018 | 3748 Kali
Kemeriahan Banyumas Extravaganza 2018

Purwokerto - Gelaran Extravaganza 2018 pada Minggu (15/4) pagi hingga sore hari kemarin mengambil rute start di Jl. S. Parman dan finish di Alun-alun Purwokerto.


Dilepas Kepala Dinporabudpar Kabupaten Banyumas Drs. Asis Kusumandani, M.Hum di Jl. S. Parman Purwokerto tepat pukul 09.00 WIB. Mengawali barisan adalah Marching Band SMA Muhammadiyah Purwokerto, kemudian disusul barisan peraga Gatotkaca, Antasena, Antareja dan Arjuna. Kemudian dibelakangnya adalah barisan Kereta Kencana Finalis Putri Indonesia Utusan Jawa Tengah, Kidung Paramadita.
Kegiatan yang dilaksanakan Dinporabudpar Kabupaten Banyumas setiap tahunnya ini diikuti oleh kurang lebih 60 peserta yang terbagi dari kelompok A yang terdiri dari siswa siswi SMP dan SMA/Sederajat. kelompok B yang terdiri dari 27 Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Banyumas, dan kelompok C yang terdiri dari Umum/BUMN/BUMD/Swasta.

Di tribun kehormatan hadir Plh. Bupati Banyumas Ir. Wahyu Budi Saptono, M.Si, Forkompinda Kabupaten Banyumas, dan Tamu Undangan dari luar Kabupaten Banyumas, diantaranya pejabat Disporapar Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Cilacap, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Banjarnegara, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Purbalingga, Pimpinan Bank Jateng, Ketua DPRD Kabupaten Banyumas, dr. Budhi Setiawan beserta Ibu Linawati, Ibu Erna Husein, dan masih banyak lagi.


Cuaca terik dan menyengat tidak menyurutkan niat para peserta untuk menyusuri sepanjang Jalan S. Parman sampai Jalan Jenderal Soedirman hingga Alun-alun Purwokerto. Banyak peserta melakukan display di sepanjang jalan tersebut.
Pada kelompok B yang diikuti oleh Kecamatan-kecamatan di seluruh Wilayah Kabupaten Banyumas, hampir sebagian besar menyajikan tema dari berbagai segmen cerita tentang Babad Kamandaka, meskipun ada yang berbeda dari yang lainnya.


Pada kelompok C lebih beragam, karena memang terdiri dari kelompok Umum/BUMD/BUMN/Swasta. Kelompok C ini lebih bertema pada masing-masing identitas mereka sendiri.
Extravaganza kali ini juga diikuti oleh barisan KONI Kabupaten Banyumas yang terdiri dari Pengurus KONI, Pengkab Olahraga dan juga memperagakan berbagai cabang olahraga di depan tribun kehormatan, mulai dari Tarung Derajat, Wushu, Pencak Silat, Kempo, Karate, Taekwondo, dll.
Ribuan Banser juga turut memeriahkan Extravaganza 2018 ini. Selain itu turut berpartisipasi juga Bank Jateng, Mustika Ayu, Krammas, Karang Panginyongan, Prabu, Kosti, Kwarcab, Aliansi Pariwisata Banyumas, PDAM Tirta Satria, Pagar Nusa, Rita Pasaraya dan Super Mall, PT KAI, Java Heritage, Lowo Ireng, PHRI dan RSUD Banyumas.

Berikut Daftar Juara Festival Extravaganza 2018 :

No Kelompok Nomer Undi Peserta / Grup Juara
1 Kelompok A A. 01 SMPN 1 Purwokerto Juara I
    A. 05 SMKN 3 Purwokerto Juara II
    A. 07 SMAN 2 Purwokerto Juara III
    A. 08 SMPN 5 Purwokerto Harapan I
    A. 06 SMPN 8 Purwokerto Harapan II
         
2 Kelompok B B. 17 Kecamatan Kalibagor Juara I
    B. 24 Kecamatan Sokaraja Juara II
    B. 15 Kecamatan Banyumas Juara III
    B. 13 Kecamatan Patikraja Harapan I
    B. 16 Kecamatan Pekuncen Harapan II
         
3 Kelompok C C. 11 PDAM Juara I
    C. 14 Rita Pasaraya Juara II
    C. 07 PRABU Juara III
    C. 10 Aliansi Pariwisata Banyumas Harapan I
    C.4.1 Srikandi Pemuda Pancasila Harapan II

 

 

 

 

 

 

  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar