Dinporabudpar Gelar Lomba Mural Museum Wayang Banyumas

Senin, 27 Juni 2022 | 4034 Kali
Dinporabudpar Gelar Lomba Mural Museum Wayang Banyumas

Purwokerto - Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas menyelenggarakan Lomba Mural Museum Wayang Banyumas Tahun 2022 pada Sabtu (25/06).

 

Bertempat di GOR Satria Purwokerto, lomba mural ini mengambil tema "Ayo Ke Museum Wayang Banyumas" dan diikuti oleh 15 orang seniman mural dari dalam dan luar Banyumas, seperti Banjarnegara, Purbalingga dan Cilacap. Awalnya lomba ini akan diselenggarakan di Kompleks Pendopo Kecamatan Banyumas, akan tetapi karena pertimbangan satu dan lain hal seperti cagar budaya, akhirnya diputuskan tembok yang akan dilukis oleh peserta adalah tembok Stadion Satria Purwokerto.

 

Dibuka oleh Kepala Dinporabudpar Kabupaten Banyumas Drs. Asis Kusumandani, M.Hum yang menyampaikan bahwa ini adalah upaya Dinporabudpar untuk menghidupkan ruang publi8k GOR Satria dengan sentuhan seni, sehingga para pengunjung GOR Satria dapat menikmati seni sambil berolahraga. "Hasil karya peserta juga menjadi sarana promosi Museum Wayang Banyumas untuk lebih dikenal oleh masyarakat luas di Banyumas karena tema yang diusung adalah mengajak untuk mengunjungi, belajar dan berwisata ke Museum Wayang Banyumas" pungkasnya.

 

Museum Wayang Banyumas terletak di kompleks Pendopo Kecamatan Banyumas yang berada dibawah pengelolaan UPT Purwomas Dinporabudpar Kabupaten Banyumas. Dengan tiket masuk hanya Rp. 1.000,00 (seribu rupiah), museum ini layak dikunjungi wisatawan terutama pelajar untuk mengenal jenis-jenis wayang dan pakeliran Banyumasan yang terpampang di sana. Harga tiket sudah termasuk pemandu wisata yang selalu siap memandu wisatawan.

 

Dewan juri yang bertugas kali ini terdiri dari 1 orang praktisi dan 2 orang akademisi yaitu Adan Fajar Mujiatmo sebagai Ketua Dewan Juri, Bogi Pranata Wiji dan Saraswati Sukma Prabaningrum sebagai anggota. Keputusan dewan juri adalah sbb:
Juara 1 dengan nilai 264 : Fatkhi Galih Pamugar dari Purwokerto Selatan;
Juara 2 dengan nilai 251 : Nugiono dari Wanayasa, Banjarnegara;
Juara 3 dengan nilah 230 : Martanto dari Tambakreja, Cilacap.

 

 

 

 

Komentar