Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata Cikakak Wangon

Rabu, 13 Oktober 2021 | 3468 Kali
Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata Cikakak Wangon

Cikakak - Desa Wisata Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas mendapat anugerah kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno pada Rabu (13/10) dalam rangka visitasi desa wisata terbaik yang masuk dalam 50 (limapuluh) besar desa wisata dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

 

Kunjungan singkat ini didahului oleh penilaian dari Juri Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2021 pada Kamis (7/10) dan Juri Anugerah Desa Wisata Indonesia pada Senin (11/10). Desa Wisata Cikakak terpilih dalam 50 besar desa wisata terbaik seluruh Indonesia dari 1.831 desa wisata setelah memenuhi 7 (tujuh) kategori penilaian yaitu Daya Tarik Wisata, Desa Digital, Konten Kreatif, Homestay, CHSE, Toilet, dan Suvenir.

 

Turun dari RI 46 di depan Pendopo Pekasa Desa Cikakak, Sandiaga langsung menuju terminal di depan Gerbang Masjid Saka Tunggal. Penyambutan oleh Bupati Achmad Husein dan Forkopimda Kabupaten Banyumas sekaligus melihat langsung Pasar Antap yang dipindahkan dari lokasi aslinya di hutan pinus. Mas Menteri juga membeli makanan khas dan bahkan turut mengaduk Wajik Kethek bersama Bupati Achmad Husein didampingi Chef Vindex Tengker yang juga Juri ADWI 2021. Bupati menjelaskan bahwa Wajik Kethek ini berbahan dasar Ketela Tekong oleh sebab itulah disingkat Kethek yang juga berarti kera atau monyet dimana habitat monyet liar berada di sekitar Masjid Saka Tunggal di Cikakak ini. Mas Menteri juga melihat langsung kerajinan kepala monyet dan bahkan ikut membuatnya. Setelah melihat-lihat batik lokal, Mas Menteri melanjutkan perjalanan menuju habitat kera yang berada di kompleks Masjid Saka Tunggal.

 

Di depan rumah adat Desa Cikakak, Sandiaga Uno berkenan menandatangani prasasti Desa Wisata Cikakak Sebagai 50 Desa Wisata Terbaik Desa Wisata Indonesia Bangkit Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, dan menyerahkan Piagam Penghargaan Peserta Desa Binaan Kemenparekraf RI ADWI 2021 kepada Bupati Banyumas. Diselingi pantun yang memuji-muji warisan tradisi dan budaya, pilihan wisata dan unggulan dari Desa Cikakak. Tidak lupa pesan-pesan pemulihan ekonomi dan protokol kesehatan agar tidak kendor yang juga disampaikan dalam berpantun. Dilanjutkan dengan penyerahan Piagam Penghargaan 50 Desa Wisata Terbaik ADWI 2021 yang diterima Kepala Dinporabudpar Banyumas Drs. Asis Kusumandani, M.Hum. Juga penyerahan Plakat kepada Kepala Desa Cikakak.

 

Dikutip dari kemenparekraf.go.id, ADWI merupakan salah satu upaya yang dilakukan Kemenparekraf dalam mewujudkan desa wisata sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, dan berkelanjutan. Desa wisata merupakan simbol kebangkitan ekonomi nasional dan desa wisata merupakan tren terbaru pariwisata pascapandemi yang berbasis nature and culture. Yaitu fokus pada alam terbuka dan budaya.

 

Desa Wisata Cikakak yang kini memiliki maskot Si Kakak dan memiliki jargon "Ngrembaka" yang berarti "Tumbuh dan berkembang". Harapannya adalah Desa Wisata ini semakin tumbuh dan berkembang serta memiliki daya saing.

 

 

 

 

 

Komentar