POPDA Jateng Tahun 2021 Dilaksanakan Awal April

Selasa, 16 Maret 2021 | 519 Kali
POPDA Jateng Tahun 2021 Dilaksanakan Awal April

Purwokerto - Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 akan dilaksanakan secara Hybrid dengan Virtual dan Non Virtual.

 

Berdasarkan Surat Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah No. 426/689 Tanggal 8 Maret 2021 perihal Pelaksanaan Kegiatan POPDA Jawa Tengah Tahun 2021, diinformasikan bahwa pelaksanaan POPDA Jawa Tengah akan dilaksanakan secara Hybrid dengan Virtual dan Non Virtual. Secara virtual akan mempertandingkan 8 (delapan) cabang olahraga yaitu Senam, Pencak Silat, Taekwondo, Judo, Kempo, Karate, Tarung Derajat, dan Wushu. Sedang Non Virtual akan mempertandingkan 10 (sepuluh) cabang olahraga yaitu Atletik, Tenis Meja, Tenis Lapangan, Bola voli, Bolavoli Pasir, Sepatu Roda, Bulutangkis, Petanque, Sepak Takraw dan Panahan yang akan dilaksanakan pada bulan September di Semarang.

 

Kepastian pelaksanaan POPDA Tingkat Provisi Jawa Tengah Tahun 2021 ini ditentukan setelah Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah menerima Surat Satuan Tugas Penanganan Corona Virus Disease-19 Nomor 005/0001974 tanggal 4 Februari 2021 perihal Rekomendasi Pelaksanaan POPDA Jawa Tengah Tahun 2021 dan juga arahan dari Gubernur Jawa Tengah.

 

Kabupaten Banyumas dipastikan akan mengikuti POPDA Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 ini. Menurut Kepala Seksi Pembinaan Olahraga Prestasi dan Pendidikan Lilik Gunawan, S.Sos, M.Si, seleksi di tingkat Kabupaten dilaksanakan oleh masing-masing Pengurus Kabupaten (Pengkab) dikarenakan anggaran yang tidak mencukupi untuk melaksanakan POPDA di tingkat Kabupaten Banyumas. "Bahkan POPDA Tingkat eks-Karesidenan Banyumas yang sedianya digelar di Banyumas ditiadakan, jadi langsung ke tingkat Provinsi", ungkapnya.

 

Teknis pelaksanaan cabor POPDA yang diselenggarakan secara Virtual yaitu dengan pengiriman video berupa link google drive yang harus dikirim pada tanggal 1 s.d 4 April 2021. Sebelumnya didahului dengan input data atlet dan keabsahan yang akan dilaksanakan pada 14 s.d 26 Maret 2021. Sedangkan Temu Teknik dilaksanakan pada 31 Maret 2021 melalui Zoom Meeting. Untuk upacara pembukaan dan penilaian dilaksanakan secara virtual.

 

Komentar