Hujan Deras Iringi Boyongan Saka Guru Pendapa Si Panji

Sabtu, 15 Pebruari 2020 | 4133 Kali
Hujan Deras Iringi Boyongan Saka Guru Pendapa Si Panji

Banyumas - Tiga Saka Guru Pendapa Si Panji diboyong dari Pendapa Duplikat Si Panji Kecamatan Banyumas ke Pendapa Si Panji Purwokerto pada Sabtu (15/02). Kegiatan ini masih dalam rangkaian Peringatan Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke-449.

 

Sekretaris Daerah Kabupaten Banyumas Ir. Wahyu Budi Saptono, M.Si memberangkatkan bregada yang membawa 3 saka guru di halaman pendapa duplikat Si Panji Kecamatan Banyumas. Boyongan atau biasa disebut "rengosan" ini dibagi menjadi beberapa etape yang kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilaksanakan oleh desa/kelurahan yang dilalui ketiga saka guru pendapa tersebut. Kali ini, etape dibagi menjadi beberapa kecamatan di wilayah Kabupaten Banyumas. Mengakomodir masukan dari kecamatan-kecamatan yang ingin turut berpartisipasi dan agar tidak membosankan, demikian  penjelasan Sekretaris Dinporabudpar Drs. Suwondo, M.M . Kemungkinan tahun depan OPD  ada yang turut serta, pungkasnya.

 

Seperti biasa, hanya 3 saka guru yang dibawa oleh para bregada ini, hal ini dikarenakan sudah ada 1 saka guru yang berjenis kelamin lain dari ketiga saka guru tersebut, dan sudah berada di Pendapa Si Panji Purwokerto. Diceritakan, satu saka guru ini telah melalui perjalanan panjang karena tidak bisa menyeberang sungai Serayu yang membelah Kabupaten Banyumas, sehingga harus memutar sampai tiba di Pendapa Si Panji Purwokerto.

 

Dengan diiringi hujan deras di beberapa etape, semangat para pembawa ketiga Saka Guru tidak berkurang, sampai dengan halaman Pendapa Si Panji Purwokerto juga diiringi hujan lebat. Para bregada tetap menjalankan tugasnya untuk membawa dan mendirikan keempat Saka Guru Pendapa Si Panji ini.

 

Ibu Erna Husein dan Ibu Eni Sadewo menerima para bregada dan pembawa tikar, sapu, bantal dan benda-benda lain yang dibawa ke Pendapa Si Panji Purwokerto sebagai simbol kepindahan dari Pendapa Duplikat Si Panji Kecamatan Banyumas. Setelah itu para penari lengger tampil melengkapi prosesi boyongan Saka Guru Pendapa Si Panji ini. Dalam acara ini juga tampil beberapa kesenian Minang yang disajikan warga Minang yang berdomisili di Kabupaten Banyumas.

 

 

 

 

 

 

 

Komentar