Dinporabudpar Fasilitasi Peluncuran Buku Kembang Glepang, Antologi Sastra Penulis Banyumas

Rabu, 02 Januari 2019 | 7071 Kali
Dinporabudpar Fasilitasi Peluncuran Buku Kembang Glepang, Antologi Sastra Penulis Banyumas

Purwokerto - Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas memfasilitasi peluncuran buku Kembang Glepang yang merupakan antologi karya sastra para penulis Banyumas pada Senin (31/12) yang lalu.


Bertempat di pendopo Wakil Bupati Banyumas, dihadiri oleh Kepala OPD se-Kabupaten Banyumas, para penulis di Kabupaten Banyumas, komunitas sastra dan lain-lain, buku yang berjumlah 1.100 eksemplar ini nantinya akan didistribusikan kepada sekolah-sekolah dan perpustakaan.


Dengan nara sumber Abdul Aziz Rasyid (wartawan), Jefriyanto, Jarot C. Setyoko (seniman sastra) buku Kembang Glepang yang merupakan antologi atau kumpulan karya tulis dari beberapa penulis di Banyumas ini diluncurkan secara resmi oleh Kepala Dinporabudpar Kabupaten Banyumas Drs. Asis Kusumandani, M.Hum. dengan penyerahan secara simbolis dari Wanto Tirta (seniman sastra).


Buku setebal 370 halaman ini diluncurkan dalam rangka mengembangkan, membina dan menghimpun para penulis Banyumas untuk terus berkarya agar tetap memenuhi kedudukan dan fungsinya serta keberadaan di masyarakat sesuai perkembanganjaman dan agar tetap menjadi kekayaan Budaya Nasional, ungkap DS. Djatmiko (Kepala Bidang Kebudayaan Dinporabudpar Kabupaten Banyumas).


Sejumlah 66 orang penulis yang terdiri dari 38 penulis karya sastra Banyumasan dan 28 penulis karya sastra Indonesia terlibat dalam penulisan antologi ini, dan menghasilkan cerpen, sajak, cerkak dan guritan yang terdapat dalam buku bersampul dominan warna oranye ini.  Pada acara ini juga ditampilkan pembacaan puisi oleh Edy Romadhon, pembacaan cerkak oleh Nichi Hayu Mulyani, cerpen oleh Titis Moro Risqi dan Guritan oleh Riyan Rahman.

 

 

 

Komentar