Rengos Boyongan Duplikat Saka Guru Pendapa Si Panji

Senin, 12 Pebruari 2018 | 1537 Kali
Rengos Boyongan Duplikat Saka Guru Pendapa Si Panji

Banyumas - Gelaran Peringatan Hari Jadi ke-447 Kabupaten Banyumas pada Minggu, 11 Februari 2018 diawali dari prosesi nyekar di makam Bupati Banyumas pertama R. Djoko Kaiman di makam Dawuhan, Kecamatan Banyumas. Setelah prosesi nyekar, dilanjutkan dengan tasyakuran bertempat di Pendapa Duplikat Si Panji di Kecamatan Banyumas, dihadiri oleh Forkompinda Kabupaten Banyumas dan diiringi dengan wayang ruwat bumi oleh Ki Dalang  Tardjono dari Karang Rau Banyumas. Dilanjutkan dengan prosesi Rengos Boyongan Replika Saka Guru Pendapa Si Panji tepat pukul 10.00 WIB. Bergada yang mengawali prosesi ini adalah berasal dari Pakemas yang merupakan para finalis Kakang dan Mbekayu Banyumas.


Bupati Banyumas Achmad Husein melepas para Bergada ini menuju ke Etape I yang berada di depan Pendapa Duplikat Si Panji Banyumas. Ketiga replika saka guru Si Panji ini menempuh 16 etape dan akan berakhir di Pendapa Si Panji Purwokerto dimana sudah ada 1 (satu) replika saka guru Si Panji yang ceritanya sudah berada disana. Dalam perjalanannya, ketiga replika Saka Guru Pendapa Si Panji ini digotong bersama-sama oleh masyarakat secara sambatan atau rengos. Rute yang dilalui adalah sepanjang jalan di Banyumas, Kalibagor, Sokaraja, Berkoh, Jalan Jenderal Soedirman menuju Pendopo Si Panji Purwokerto. Kesenian masyarakat di masing-masing wilayah juga turut berpartisipasi mengiringi boyongan ini, mulai dari kentongan, hadroh, hingga kuda lumping. Tidak lupa para siswa-siswi SD, SMP dan SMA/sederajat turut mengiringi di belakang barisan.


Tepat pada pukul 17.30 ketiga saka guru Pendapa Si Panji tiba di halaman Pendapa Si Panji Purwokerto. Diterima oleh Bupati Banyumas Achmad Husein, replika saka guru Pendapa Si Panji ini dibawa ke dalam pendapa dan ditegakkan. Prosesi selanjutnya adalah penyerahan tikar, bantal, lampu teplok dan sapu oleh para finalis Mbekayu Banyumas kepada Ibu Erna Husein dan Ibu Linawati Budhi Setiawan untuk kemudian digelar di pendapa dan Ibu Erna Husein beserta Ibu Linawati Budhi Setiawan melaksanakan prosesi menyapu pendapa dan menyiram halaman dengan air sumur Banyumas dari kendhi yang dibawa mengikuti replika saka guru Pendapa Si Panji.

Gelaran Boyongan Replika Saka Guru Pendapa Si Panji ini juga akan ditayangkan di Trans 7 pada hari Sabtu, 24 Februari 2018 pada acara The Tour Rangers pukul 10.00 WIB.

 

 

 

 

 

 

 

Komentar