Makam Gandakusuma

Kamis, 24 Maret 2016 | 9265 Kali
Makam Gandakusuma

Makam tersebut terletak di Dusun Gandatapa, Desa Gandatapa, Kec. Sumbang, di dalam areal pemakaman umum Desa Gandatapa dengan lokasi di sisi sebelah timur selatan.

Dinamakan makam Gandakusuma menurut cerita masyarakat setempat, makam tersebut merupakan makam para prajurit Pajang yang melarikan diri dari pusat kerajaan dan dibunuh oleh tentara kerajaan Pajang.

Sebenarnya makam tersebut adalah kuburan batu yang merupakan bangunan megalitik yang paling tua, yang berfungsi sebagai kuburan, karena di tempat tersebut terdapat beberapa bentuk batu besar lainnya yang pada zaman prasejarah sering digunakan sebagai palengkap pemujaan arwah nenek moyang yang bentuknya menyerupai menhir.

Adapun luas makam tersebut adalah panjang 14 m dan lebar 11 m dengan orientasi mengarah ke arah utara dan selatan dengan pintu masuk dari arah selatn. Di sebelah timur makam terdapat aliran sungai Gandatapa yang pada zaman prasejarah digunakan sebagai tempat bersuci sebelummemasuki makam/ tempat pemujaan arwah nenek moyang.

Komentar