Pemilihan Organisasi Kepemudaan (OK) berprestasi

Selasa, 24 Mei 2016 | 3206 Kali
Pemilihan Organisasi Kepemudaan (OK) berprestasi

Pemerintah Kabupaten Banyumas melalui Bidang Kepemudaan pada Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan Banyumas telah melaksanakan Pemilihan Organisasi Kepemudaan (OK) berprestasi tingkat Kabupaten Banyumas tahun 2016 yang merupakan bagian dari program kerja DINPORABUDPAR Kabupaten Banyumas tahun 2016 pada Bidag Kepemudaan.

Latar belakang diadakannya kegiatan tersebut karena masih kurangnya semangat berorganisasi bagi pemuda, kurangnya penataan dan efektifitas organisasi kepemudaan dalam menjalankan kegiatan dan karena peran strategis pemuda dalam organisasi kepemudaan masih sangat diharapkan.

Berdasar latar belakang kegiatan tersebut tujuan dari kegiatan pemilihan Organisasi Kepemudaan (OK) adalah :

  1. Mendorong Organisasi Kepemudaan untuk memiliki pengelolaan organisasi baik secara administrasi maupun dalam pelaksanaan kegiatan;
  2. Mendorong Organisasi Kepemudaan (OK) menjadi wadah dalam pengembangan potensi dan aktifitas pemuda yang handal;
  3. Mendorong partisipasi organisasi pemuda dalam pembangunan khususnya pembangunan kepemudaan;
  4. Memanfaatkan organisasi kepemudaan.

Kegiatan Pemilihan Organisasi Kepemudaan (OK) berprestasi dilakukan dalam 2 tahap selama 2 hari dimana penilaian dilaksanakan oleh dewan juri yang terdiri dari dosen LPPMP Universitas Jenderal Soedirman Purwoerto dan BAPAS Purwokerto, kegiatan tersebut diikuti oleh 6 Organisasi Kepemudaan di Kabupaten Banyumas yaitu  Himpunan Mahasiswa Kelautan Unsoed, UKM Mahasiswa Penalaran dan riset Unsoed, BEM Unsoed, Menwa Unsoed, BEM STT Telematika Telkom, dan IPPNU cabang Banyumas.

Pelaksanan kegiatan hari pertama adalah Fact Finding terhadap kegiatan Organisasi Kepemudaan (OK) dilaksanakan di Sekretariat dari tiap - tiap Organisasi Kepemudaan dan pada hari kedua semua Organisasi Kepemudaan melaksanakan paparan kegiatan di Aula Bappeda Kabupaten Banyumas.

Hasil pelaksanaan pemilihan Organisasi Kepemudaan (OK) berprestasi tahun 2016 tingkat Kabupaten Banyumas adalah :

  1. Juara 1 Organisasi Kepemudaan (OK) UKM Penalaran dan Riset Unsoed Purwoekerto;
  2. Juara 2 IPPNU Cabang Banyumas
  3. Juara 3 BEM STT Telematika Telkom Purwokerto.

Juara 1 pada kegiatan ini akan mewakili Kabupaten Banyumas dalam Pemilihan Organisasi Kepemudaan (OK) berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Tegah. 

 

 

Komentar