Kecamatan Kalibagor Juara 1 Karnaval Mobil Hias Tahun 2024

Selasa, 10 September 2024 | 475 Kali
Kecamatan Kalibagor Juara 1 Karnaval Mobil Hias Tahun 2024

Purwokerto - Karnaval Kendaraan Hias dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia Tingkat Kabupaten Banyumas Tahun 2024 diikuti oleh 121 peserta dan 309 kendaraan hias, dilaksanakan pada Sabtu (6/09). 

 

Mengambil tema kemerdekaan dan nasionalisme, karnaval ini menjadi pusat perhatian ribuan warga yang memenuhi jalanan, untuk menyaksikan parade kreatif tersebut. Berbagai kendaraan dihias dengan warna-warna cerah, simbol-simbol budaya, dan pesan patriotisme, menciptakan suasana penuh kebanggaan.

 

Diawali dengan kibaran bendera start oleh Kepala Dinporabudpar Kabupaten Banyumas Drs. Setia Rahendra, M.Si dan Kapolsek melepas Pj. Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro, S.STP, M.Si diatas jeep dengan berpakaian ala Jenderal Soedirman. Dinporabudpar Kabupaten Banyumas menampilkan Kakang Mbekayu Duta Wisata Kabupaten Banyumas, Pemuda Pelopor Banyumas dan Atlet Kabupaten Banyumas. 

 

Event ini bukan hanya sekadar parade kendaraan, melainkan juga ajang untuk mengekspresikan rasa cinta pada Tanah Air dan berpartisipasi merayakan kemerdekaan indonesia melalui karya seni yang kreatif. Setiap kendaraan hias membawa pesan kuat tentang pentingnya persatuan, pendidikan, budaya, dan pembangunan bangsa. Para peserta telah menunjukkan dedikasi mereka dalam merayakan kemerdekaan, dan meninggalkan jejak inspirasi bagi semua yang menyaksikan.

 

Kecamatan Kalibagor tampil sebagai Juara Pertama, mencuri perhatian dengan kendaraan hias bertemakan Burung Garuda yang melambangkan "NUSANTARA BARU INDONESIA MAJU". Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas menempati urutan kedua, dengan menghadirkan kendaraan hias yang tak kalah memukau. Menampilkan tema "Merdeka Belajar" yang menggambarkan pentingnya pendidikan dalam membangun masa depan bangsa. Dengan hiasan buku besar, pena, dan anak-anak yang mengenakan seragam sekolah, kendaraan mereka menggambarkan harapan akan masa depan cerah bagi generasi penerus Indonesia. Sedangkan juara ketiga diraih oleh Griya Mustika Ayu dengan tema “Banyumas dalam Keindahan Bergerak” menampilkan paduan sempurna antara mode dan seni.

 

Diikuti dengan Kecamatan Sumpiuh dengan nomor urut 47 menjadi Juara Harapan 1, Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas dengan nomor urut 121 menjadi Juara Harapan 2 dan Satpol PP Kabupaten Banyumas dengan nomor urut 51 menjadi Juara Harapan 3.

 

(Ditulis oleh Imel Nabila Melati - Jurusan D3 Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Budaya UNSOED Purwokerto)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar