Banyumas Juara 2 Festival Olahraga Rekreasi Daerah Tingkat Jawa Tengah 2022

Selasa, 14 Juni 2022 | 4814 Kali
Banyumas Juara 2 Festival Olahraga Rekreasi Daerah Tingkat Jawa Tengah 2022

Purwokerto - Banyumas meraih predikat Juara 2 pada Festival Olahraga Rekreasi Daerah (FORDA) Jawa Tengah Tahun 2022 digelar di GOR Satria Purwokerto pada tanggal Sabtu s.d Minggu (11-12/6).

 

Berdasarkan Surat Ketua Umum Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Pusat nomor 41/KORMI.JATENG/VI/2022 tanggal 13 Juni 2022 perihal Terimakasih dan Hasil FORDA 2022, Kontingen Kabupaten Banyumas berhasil meraih 4 emas, 7 perak dan 10 perunggu pada event PORDA VII tahun 2022 ini. Total nilai yang diraih adalah 76 dibawah Kota Semarang yang meraih toal nilai 137.  Pada peringkat ke-3 Kabupaten Temanggung dengan total nilai 69.  Event tahunan yang diselenggarakan oleh KORMI dengan menggelar berbagai macam lomba, pertandingan dan festival yang berpedoman pada Petunjuk Pelaksanaan FORNAS, dan bertujuan untuk mengukur dan mengevaluasi tingkat keberhasilan pola pembinaan pengembangan, pemassalan dan pembangunan olahraga masyarakat.

 

FORDA yang diselenggarakan di Kompleks GOR Satria Purwokerto ini adalah FORDA VII yang merupakan kali kedua di Kabupaten Banyumas setelah dilaksanakan sejak tahun 2014 yang lalu di Kota Semarang. FORDA II diselenggarakan di Kabupaten Banyumas pada tahun 2015. FORDA III diselenggarakan di Kota Magelang pada tahun 2016, FORDA IV diselenggarakan di Kabupaten Jepara di tahun 2017, FORDA V diselenggarakan di Kabupaten Pemalang pada tahun 2018 dan FORDA VI diselenggarakan di Kabupaten Wonogiri pada tahun 2019. Pada tahun 2020 dan 2021 tidak diselenggarakan dikarenakan Pandemi Covid-19.

 

Pertimbangan Kabupaten Banyumas dijadikan tuan rumah untuk kali kedua, adalah karena Purwokerto menjadi kota yang bersih dan aman dari Pandemi Covid-19. Selain itu Purwokerto adalah salah satu tempat yang nyaman untuk menyelenggarakan olahraga, terutama olahraga masyarakat yang dipadu dengan program Sport and Tourism dan Sport and Culinary, karena di Purwokerto memang terdapat banyak destinasi wisata dan kuliner.

 

Pada FORDA tahun 2022 kali ini diselenggarakan 18 (delapan belas) Caborga (cabang olahraga) dan 1 cabang eksibisi yaitu senam yoga. 18 cabang olahraga tersebut adalah: Hadang, Egrang, Terompah Panjang, Tarik Tambang, Silat Budaya, Liong Barongsai, Senam Jantung Sehat, Senam Tera, Senam Sehat Indonesia, Senam Aerobik, Line Dance, Senam PORPI, SKJ, Tonis, IESPA Elektronik Sport, Air Soft Gun (Porgasi), Panco, dan Air Soft Gun (INASSOC).

 

Upacara Pembukaan FORDA Jateng tahun 2022 dihadiri oleh kurang lebih 1.300 peserta yang memenuhi Gedung Sasana Krida Raga Satria Purwokerto. Sebagian besar venue pertandingan berada di Kompleks GOR Satria Purwokerto. Sedangkan untuk olahraga tradisional dilaksanakan di Lapangan Pelopor di sebelah selatan Kompleks GOR Satria Purwokerto.

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar