Rangkaian Peringatan Hari Jadi Ke-451 Kabupaten Banyumas

Jumat, 18 Pebruari 2022 | 1428 Kali
Rangkaian Peringatan Hari Jadi Ke-451 Kabupaten Banyumas

Purwokerto - Salah satu kegiatan dalam rangkaian Peringatan Hari Jadi Ke-451 Tahun Kabupaten Banyumas yaitu ziarah makam, wayang ruwat, tasyakuran dan kirab pusaka dilaksanakan Kamis (17/02).

 

Ziarah makam Bupati Djoko Kahiman di desa Dawuhan Kecamatan Banyumas dilaksanakan Bupati bersama Forkopimda Kabupaten Banyumas dengan protokol kesehatan. Bupati Banyumas Achmad Husein dalam sambutan yang dibacakan bergantian dengan Wakil Bupati Sadewo Trilastiono dan Ketua DPRD Kabupaten Banyumas dr. Budhi Setiawan, menyampaikan agar seluruh warga masyarakat Banyumas untuk bersama-sama memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar semua dapat terus berkarya untuk menjadikan Banyumas Bregas Waras dan memajukan Banyumas, adil makmur,mandiri dan sejahtera.

 

Setelah ziarah makam ini Bupati dan Forkopimda menuju Convention Hall Jl. Soekarno Purwokerto untuk melaksanakan tasyakuran Hari Jadi ke-451 Kabupaten Banyumas. Diwaktu yang sama, di pendopo duplikat Sipanji Kecamatan Banyumas dilaksanakan wayang ruwat dalam rangka Hari Jadi ke-451 Kabupaten Banyumas yang biasanya dilaksanakan di tempat yang sama dengan tasyakuran hari jadi.

 

Di tempat yang berbeda, yaitu di depan gedung DPRD Kabupaten Banyumas dilaksanakan penjamasan 4 (empat) pusaka Kabupaten Banyumas yaitu Tombak Kyai Genjring, Keris Gajah Endra, Keris Nala Praja dan Keris Sempana Bener untuk dilaksanakan palereman atau penyimpanan kembali di gedung senjata yang berada di sebelah barat Pendopo Sipanji Purwokerto.

 

Prosesi Palereman dilaksanakan pukul 15.30 di halaman pendopo Sipanji Purwokerto dibawa oleh para Bergada Pusaka yang dipandu oleh Suba Manggala dan diterima oleh Bupati Banyumas Achmad Husein. Setelahnya, ditampilkan Beksan Bedaya Si Panji dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh Bupati Banyumas yang diserahkan kepada Wakil Bupati, Ketua DPRD, Sekretaris Daerah Kabupaten Banyumas selaku Ketua Panitia Hari Jadi ke-451 Kabupaten Banyumas.

 

 

 

 

 

Komentar