Berwisata Sambil Mengenal Olahraga Petanque

Senin, 21 Juni 2021 | 682 Kali
Berwisata Sambil Mengenal Olahraga Petanque

Ajibarang - Turnamen Mini Olahraga Petanque diselenggarakan di lokasi Wanasari Hutan Pinus Sawangan, Kecamatan Ajibarang pada Sabtu (19/06) kemarin.

 

Kejuaraan yang diselenggarakan oleh HPS Petanque Club ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak di desa untuk dapat mengenal olahraga Petanque dan menemukan bibit-bibit juara di event-event resmi maupun open tournament di tingkat kabupaten maupun nasional. Impian ini jelas bukan hal yang mudah, namun dapat digapai dengan usaha dan kerja keras dari anak-anak yang tergabung di klub olahraga ini.

 

Pembentukan klub Petanque di kawasan wana wisata LMDH Wanasari atau Hutan Pinus Sawangan ini diprakarsai oleh pelatih Petanque Bangun Arif Yunianto, S.Pd yang juga merupakan salah satu guru PJOK di SMK Ma'arif NU 1 Cilongok dan tidak lepas dari dukungan yang diberikan oleh Pengprov FOPI Jawa Tengah yang diwakili oleh Suryanto, S.Pd dan Gustopo Bayu Laksana, M.P:d. Diawali dengan peninjauan lokasi, peminjaman peralatan Petanque dan hingga terwujudnya lapangan Petanque di wana wisata tersebut.  Sedang pembuatan lapangan Petanque ini dibiayai Pak Adib selaku Manager HPS Petanque Club dan Ketua Asosiasi LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) setempat.

 

Budi dan Sohib yang merupakan pengelola wana wisata Hutan Pinus Sawangan ini ingin turut memasyarakatkan dan mengenalkan olahraga asal Prancis ini kepada pengunjung yang sedang berwisata. Mereka mempertontonkan cara bermain olahraga ini dengan pengajak serta pengunjung yang hadir untuk ikut bermain dengan bola besi dan bola kayu yang menjadi ciri khas olahraga Petanque. Dengan berdirinya klub HPS Petanque ini menjadikan pengelola wisata tidak hanya semata-mata mementingkan kegiatan wisata, namun kegiatan olahraga juga dapat dilaksanakan untuk kesehatan bahkan untuk tujuan prestasi. "Hutan bukan saja dapat dijadikan sebagai kawasan wisata, namun harapan kami juga dapat mencetak generasi atlet Petanque yang berprestasi di masa mendatang" ujar Bangun Arif Yuniarto, S.Pd selaku pelatih klub.

 

Komentar