Bupati Banyumas Buka Festival Dalang Cilik Tahun 2020

Kamis, 05 November 2020 | 565 Kali
Bupati Banyumas Buka Festival Dalang Cilik Tahun 2020

Purwokerto - Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas dan Pepadi Banyumas kembali menyelenggarakan Festival Dalang Cilik Tahun 2020 pada Rabu (4/11) kemarin.

 

Bertempat di Gedung Kesenian Soetedja Purwokerto, kegiatan ini diikuti oleh 6 orang dalang cilik mewakili masing-masing korwil Pepadi di Kabupaten Banyumas.  Diawali dengan pakeliran padat oleh Ki Bagas Kriswanto yang dipadatkan kurang dari 1 (satu) jam. Dilanjutkan laporan panitia oleh Kepala Dinporabudpar Drs Asis Kusumandani, M.Hum dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kegiatan Penyelenggaraan Museum Non Fisik dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kepala Dinporabudpar menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakan nya kegiatan ini adalah untuk mengembangkan, membina dan melestarikan seni pedhalangan terutama generasi muda sebagai salah satu kearifan lokal agar tetap menjadi kekayaan budaya nasional dan daerah dan meningkatkan minat anak untuk mengunjungi museum wayang.

 

Acara dibuka oleh Bupati Banyumas Achmad Husein, yang menyampaikan agar masyarakat harus tetap waspada terhadap bahaya Covid-19 yang masih ada di Kabupaten Banyumas. Disamping itu Bupati Banyumas juga mengapresiasi kegiatan yang memupuk rasa cinta terhadap kesenian wayang, khususnya gagrag Banyumasan. Bupati juga menginginkan agar bahasa Banyumasan digunakan dalam dialog wayang Gagrag Banyumasan tersebut. Bupati Banyumas mengapresiasi dalang cilik Catur Putra Sinatrian yang telah meraih juara pertama Festival Dalang Bocah Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2020 dan didaulat untuk tampil sejenak sekitar 10 menit dan disaksikan Bupati Banyumas.

 

Bertindak sebagai juri Dwi Setiabudi, S.Sn, Sigit Aji Sabdo Priyono, S Sn, dan Heru Susanto, S.Sn, M.Pd. yang memutuskan para juara sbb:
Juara 1: Zaki Rizal perwakilan Korwil Sokaraja
Juara 2: Arkananta Jaluningrat perwakilan Korwil Eks Kotip Purwokerto
Juara 3: Wigo Dani Saputra perwakilan Korwil Ajibarang
Harapan 1: Narendra perwakilan Korwil Jatilawang
Harapan 2: Catur Putra Sinatria perwakilan Korwil Karanglewas
Harapan 3: Sidik Nurohman perwakilan Korwil Banyumas.

 

 

 

 

Komentar