Kirab Pusaka Hari Jadi ke-447 Kabupaten Banyumas Tahun 2018

Senin, 19 Pebruari 2018 | 3718 Kali
Kirab Pusaka Hari Jadi ke-447 Kabupaten Banyumas Tahun 2018

Purwokerto - Empat pusaka kebesaran Kabupaten Banyumas yaitu Tombak Kyai Genjring, Keris Kiai Gajah Endro, Keris Kiai Nalapraja, dan Kitab Stambul dikirab dari Pendapa Wakil Bupati menuju ke Pendopo Si Panji Purwokerto pada Minggu, 18 Februari 2018 kemarin dalam rangkaian kegiatan Peringatan Hari Jadi Ke-447 Kabupaten Banyumas tahun 2018.


Penyerahan Tombak Kiai Genjring kepada Suba Manggala dilaksanakan oleh Plt. Bupati Banyumas dr. Budhi Setiawan, dan kirabpun diawali dengan barisan lambang daerah yang diikuti peserta kirab yang dipimpin oleh Suba Manggala dan keempat pusaka kebesaran Kabupaten Banyumas. Di belakangnya adalah Bupati Banyumas pertama yang diperankan oleh Kakang dan Mbekayu Banyumas 2017 dengan menunggang kereta kuda, dibelakangnya adalah foto Bupati ke-2 sampai dengan ke-30. Sedangkan urutan Bupati ke-31 digantikan oleh Plt. Bupati Banyumas dr. Budhi Setiawan.


Kirab pusaka kali ini dimeriahkan oleh ribuan peserta dari OPD dan 27 Kecamatan, pelajar, mahasiswa, serta organisasi masyarakat dan disaksikan oleh penonton yang memadati Jalan Jenderal Soedirman yang merupakan rute kirab dan menempuh jarak kurang lebih sepanjang 2 kilometer. Kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Banyumas sehingga sudah ditunggu oleh wisatawan lokal maupun regional.

Sesampainya di Pendopo Sipanji, empat pusaka yang dikirab tersebut diserahkan kepada Plt. Bupati Banyumas dr. Budhi Setiawan untuk disemayamkan kembali di tempatnya melalui prosesi “palereman”. 

 

 

 

 

 

 

Komentar