Banyumas Travel Mart 2017

Jumat, 15 Desember 2017 | 1083 Kali
Banyumas Travel Mart 2017

Purwokerto - Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas di penghujung tahun 2017 ini menggandeng Perhimpunan Biro Perjalanan Wisata se Eks Karesidenan Banyumas (Pebemas), Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Cabang Banyumas dan pelaku wisata lainnya, menyelenggarakan kegiatan Banyumas Travel Mart yang diikuti oleh lebih dari 100 peserta dari biro/agen perjalanan wisata di seluruh Jawa.
Kegiatan yang direncanakan selama 3 (tiga) hari sejak Rabu (13/12) sampai dengan Jumat (15/12) ini diawali dengan penerimaan peserta bertempat di Taman Rekreasi Andhang Pangrenan. Disuguhi kesenian calung dari siswa-siswi SMKI Banyumas ini, peserta atau biasa disebut 'buyer' ini disambut oleh Sekretaris Dinporabudpar Drs. Suwondo MM. Setelah beberapa saat, peserta langsung diajak menuju sentra batik di Sokaraja menyaksikan langsung proses produksi batik Sokaraja. Setelahnya, peserta diajak mencicipi sajian khas tepian sungai Serayu di Warung Lik Tuti di Kaliori dan berlanjut wisata kota tua Banyumas di Kecamatan Banyumas.
Disambut oleh kesenian kentongan para peserta diajak melihat sumur tua Tirta Prewitasari yang berada di belakang bangunan Kecamatan Banyumas. Peserta juga mencicipi dan merasakan air dari sumur tua yang dipercaya bertuah serta dikeramatkan ini. Dipandu juru kunci, peserta juga mendengarkan sejarah Banyumas yang dulu adalah ibukota Kabupaten Banyumas sebelum banjir bandang melanda wilayah ini. Setelah itu peserta dipandu menuju Museum Wayang yang berada di kompleks kecamatan Banyumas, dan juga mencicipi durian bawor khas Kabupaten Banyumas. Kemudian peserta diajak meluncur ke Purbasari Pancuran Mas yang teletak di Purbalingga yang merupakan taman wisata pendidikan dan disambut oleh pemilik obyek wisata tersebut H. Sarimun. 
Pada malam harinya para peserta beramah tamah dalam gala dinner yang dihadiri oleh Kepala Dinporabudpar Drs. Asis Kusumandani, M.Hum yang dalam sambutannya mengajak para pelaku wisata ini turut mempromosikan destinasi wisata di Banyumas dan sekitarnya. Anggota DPRD Kabupaten Banyumas yang juga penggiat wisata Didi Rudianto, S.Par turut hadir dalam acara tersebut.
Keesokan paginya, Kamis (14/12) setelah mengikuti table top di Hotel Moro Seneng tempat para buyer ini menginap, mereka diajak menuju Lokawisata Baturraden, yang baru saja mendapat peringkat 1 obyek wisata yang memiliki daya tarik terbesar di Jawa Tengah ini, kemudian dilanjutkan menuju ke Kebun Raya Baturraden yang berada di sebelah timur Lokawisata Baturraden.
Pagi ini, Jumat (15/12) rencananya para buyer ini akan diajak bebelanja di Pasar Manis Purwokerto dan mengakhiri kegiatan Banyumas Travel Mart ini di Taman Rekreasi Bale Kemambang.

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar