Sertifikasi Kompetensi dan Usaha pelaku Pariwisata

Kamis, 30 November 2017 | 2458 Kali
Sertifikasi Kompetensi dan Usaha pelaku Pariwisata

Purwokerto – Dinas Pemuda, Olahraga, Kabudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas menyelenggarakan Sosialisasi Sertifikasi Profesi / Kompetensi bagi Pengusaha / Pelaku Pariwisata selama 2 hari mulai hari Kamis – Jum’at tanggal 30 November – 1 Desember 2017 bertempat di Ruang Sida Luhur 2 Hotel Santika Purwokerto.

Tujuan dilaksanakannya Sosialisasi Sertifikasi Profesi / Kompetensi bagi Pengusaha / Pelaku Pariwisata adalah untuk meningkatkan profesionalisme dan kualitas sumber daya manusia para pelaku pariwisata dan memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada para pelaku pariwisata tentang pentingnya sertifikasi profesi / kompetensi bagi pelaku pariwisata dalam melayani wisatawan. Sedangkan sertifikasi usaha pariwisata bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepariwisataan dan produktifitas usaha pariwisata.

Jumlah peserta Sosialisasi Sertifikasi Profesi / Kompetensi bagi Pengusaha / Pelaku Pariwisata sebanyak 200 orang yang terdiri dari 100 orang perwakilan obyek-obyek wisata di Kabupaten Banyumas dan 100 orang para pelaku usaha dan jasa pariwisata.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kabudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas drs. Asis Kusumandani, M.Hum. Dalam sambutannya Kepala Dinas menyampaikan bahwa sertifikasi kompetensi dan sertifikasi usaha pariwisata merupakan salah satu upaya dalam menghadapi ketatnya persaingan dalam industri pariwisata dengan telah diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah

  1. Didi Rudianto, S Par selaku Anggota DPRD Kabupaten Banyumas yang juga sebagai pegiat pariwisata Banyumas.
  2. Vera Damayanti, SE., S.Pd., M.Pd dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Provinsi Jawa Tengah.
  3. Ndaru Prasastono, SE., M.Par dari Fakultas Pariwisata Universitas Stikubank Semarang

Komentar