Festival Rwanda Bojana

Kamis, 06 April 2017 | 1680 Kali
Festival Rwanda Bojana

Festival Rwanda Bujana Cikakak merupakan festival memberi makan kera di komplek masjid saka tunggal cikakak Wangon, sedangkan makna dari kegiatan ini adalah tradisi saling mengasihi sesama makhluk ciptaan tuhan yang dikemas sedemikian rupa sehingga nampak tidak sederhana baik penyatuan dari unsur alam, hewan dan sumber daya sekitarnya. Kegiatan akan dilaksanakan pada hari Minggu, 23 April 2017 pukul 08.00 sampai dengan selesai bertempat di komplek masjid Saka Tunggal Desa Cikakak Kecamatan Wangon.

Rombongan dan seluruh peserta festival memulai aktifitas dari panggung utama sebagai start awal kegiatan, setelah laporan panitia sebagai awal dibukanya acara, serta sambutan bupati maka Rewanda Bujana di buka dengan pergelaran tari pembuka “ Lengger Kethek “.

Setiap peserta memamerkan kesenian khas potensi daerah masing-masing yang berakar dari kearifan lokal ( bukan Kenthongan ) namun dengan durasi yang tidak terlalu lama ( ±1 menit ) karena pada etape ini sifatnya hanya pengenalan kontingen terhadap audiens dan tamu kehormatan yang di teruskan dengan pawai budaya dan arakan gunungan buah atau wohwohan menuju lokasi utama Rewanda Bujana.

Peserta disediakan waktu menampilkan atraksi dan segala bentuk keseniannya pada saat perjalanan menuju ke lokasi makan kera, namun demikian diatur sampai dengan radius beberapa meter segala bentuk bunyi-bunyian di heningkan dengan tujuan supaya kera bisa mendekat dan turun bersama dengan masyarakat dan segenap pelaku kegiatan. Seluruh gunungan makanan di sajikan dalam satu panggung yang terlebih dahulu dijaga oleh petugas/panitia sampai semua siap untuk di sajikan. Setelah kegiatan makan besar di lokasi kegiatan selesai, acara dilanjutkan dengan pentas seni di lokasi utama kegiatan agar pada saat bazar dan pasar berlangsung tidak menjadi sepi, tentunya penampil pentas seni tersebut juga dari peserta yang sudah selesai terlebih dahulu sesuai dengan urutan baris.

Demi terciptanya tujuan kegiatan, kemeriahan akan terjadi di saat semua kera membaur dengan golonganya dan menikmati hidangan yang disajikan bukan berebut degan para penyajinya maka pada saat acara Rewanda Bujana di gelar seluruh panitia, penyaji dan pengunjung di mohon dengan hormat untuk tidak turut serta merebut jatah pesta mereka,

Urutan Barisan pada acara festival Rwanda Bojana adalah sebagai berikut :

  1. Subhamanggala ( Pucuking Lumaksono )
  2. Bergadha Tokoh Masyaraat dan lintas agama
  3. Bergadha Solawatan Jawa
  4. Gunungan Agung
  5. Pasuka Tumpeng/Komaran
  6. Pasukan Tenong
  7. Peserta kegiatan

 

 

Komentar