Laras Putra Patriot Purwokerto Selatan Raih Juara 1 Festival Kenthongan Banyumas 2024

Senin, 09 September 2024 | 325 Kali
Laras Putra Patriot Purwokerto Selatan Raih Juara 1 Festival Kenthongan Banyumas 2024

Purwokerto - 27 Grup Kenthongan pewakilan kecamatan di Kabupaten Banyumas ikuti Festival Kenthongan Banyumas yang digelar Sabtu (06/09).

 

Festival Kenthongan Banyumas 2024 ini diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 Tingkat Kabupaten Banyumas.  Event tahunan sebagai sarana hiburan rakyat yang diharapkan mampu menjadi magnet daya tarik wisata budaya di Kabupaten Banyumas , serta sebagai kalender event budaya tahunan kebanggaan warga Banyumas.

 

Maksud dan tujuan dari Festival Kenthongan ini adalah mengembangkan, membina, dan melestarikan kesenian Kenthongan yang merupakan salah satu kearifan lokal. Diawali dengan masuknya grup Gema Etnika Dinporabudpar Kabupaten Banyumas dengan mayoret Pj. Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro, dan dibuka dengan mengibarkan bendera start untuk 27 group kenthongan berikutnya.

 

Mengambil start dari Alun-alun Purwokerto menuju finish di perempatan Pasar Wage, 27 grup ini adalah: Damarwulan Millenial dari Purwokerto Utara, Laras Tletik dari Pekuncen, Ken Arok dari Sumpiuh, Calung Mas dari Lumbir, Panji Areksa dari Ajibarang, Sadawira Laras dari Kalibagor, Laras Jati dari Purwojati, Taruna Laras Ngrembaka dari Wangon, Krida Buana dari Kemranjen, Satria Pring Wulung dari Karanglewas,  Satria Ujung Timur dari Tambak, Sanggar Garuda Mas dari Rawalo, Satria Kamandaka dari Baturraden, Capunk Djarum dari Cilongok, Sanggar Seni Bambu Krung Sari Kedeling Laras dari Sumbang, Satria Bala Senta dari Gumelar, Satria Laras dari Kedungbanteng, Senja Laras dari Purwokerto Barat, Gita Swara Kedawung (GSK) dari Sokaraja, Laras Putra Patriot dari Purwokerto Selatan, Bajrodaka Wulung dari Jatilawang, Deling Kembar Budoyo dari Kembaran, Bambu Serayu dari Banyumas, Prasasta Waringin dari Patikraja, Krida Bahana Swara dari Purwokerto Timur, Kalanjana dari Kebasen, dan Bumi Redjo dari Somagede.

 

Dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Banyumas, para kepala OPD, tamu undangan dan tampak pula Mayangsari beserta Bambang Trihatmojo, dan ribuan masyarakat di sekitar panggung kehormatan sampai dengan titik finish di perempatan Pasar Wage Purwokerto. Berdasarkan berita acara Festival Kenthongan Kabupaten Banyumas tahun 2024 yang ditandatangani oleh Sutejo sebagai ketua dewan juri, Rustam Aji dan Kalingga sebagai anggota memutuskan :

Juara 1: Laras Putra Patriot dari Purwokerto Selatan

Juara 2 : Prasasta Waringin dari Patikraja

Juara 3 : Laras Tletik dari Pekuncen

Juara harapan 1 : Panji Areksa dari Ajibarang

Juara Harapan 2 : Sanggar Garuda Mas dari Rawalo

Juara harapan 3 : Deling Kembar Budoyo dari Kembaran

 

(Ditulis oleh Sheyla Dollyvia A.S -SMK Telkom Purwokerto- Mbekayu Banyumas 2023)

 

 

 

 

 

 

Komentar