Pj. Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro Hadiri Jamasan Jimat Kalisalak Kebasen

Jumat, 29 September 2023 | 873 Kali
Pj. Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro Hadiri Jamasan Jimat Kalisalak Kebasen

Kebasen - Pj. Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro, S.STP, M.Si hadiri acara penjamasan jimat Kalisalak di Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas pada Jumat (29/9).

 

Kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan di Desa Kalisalak, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas dihadiri Forkopimcam, Perangkat Desa, Kerabat Jimat Kalisalak, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan masyarakat umum yang ingin menyaksikan prosesi penjamasan jimat tersebut. Hadir pula Kepala Dinporabudpar Kabupaten Banyumas Drs. Setia Rahendra, M.Si, Kepala Bidang Kebudayaan Dinporabudpar Banyumas beserta staf bidang Kebudayaan.

 

Kepala Desa Kalisalak Kebasen dalam sambutannya menyatakan bahwa Jimat Culture Festival kali ini digelar sejak tanggal 26 dengan diawali pagelaran seni dan budaya, dilanjutkan Parade Tempo Doeloe yang diikuti seluruh warga desa Kalisalak dengan menyajikan berbagai hal yang berkaitan dengan budaya dan tradisi jaman dahulu. Sebagai puncak acara adalah Penjamasan Jimat Kalisalak yang dilaksanakan oleh Kerabat Jimat Kalisalak di halaman pendopo Jimat.

 

Pj. Bupati Banyumas dalam sambutannya menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan ini. "Kalau perlu akan kita bahas bersama-sama, agar bisa seperti Dieng misalnya. Tadinya juga berawal dari kegiatan desa yang sekarang bisa mendunia. Apalagi ada keunikan tersendiri disini, seperti bertambah dan berkurangnya jumlah jimat yang ada. Itu kan menjadi daya tarik juga", lanjutnya.

 

Dalam acara ini juga diserahkan sertifikat BRIN dari Pj. Bupati Banyumas kepada Kerabat Jimat Kalisalak atas izin dan kerjasama yang diberikan dalam rangka pendokumentasian manuskrip Jimat Kalisalak yang dilakukan oleh Pusat Riset Manuskrip Literatur dan Tradisi Lisan, Organisasi Riset Arkeologi Bahasa dan Sastar badan Riset dan Inovasi Nasional.

 

 

 

 

 

 

Komentar