Upacara Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Kabupaten Banyumas Dengan Protokol Pencegahan Covid-19

Selasa, 18 Agustus 2020 | 551 Kali
Upacara Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Kabupaten Banyumas Dengan Protokol Pencegahan Covid-19

Purwokerto - Upacara Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tingkat Kabupaten Banyumas dilaksanakan di halaman Pendopo Sipanji Purwokerto pada Senin (17/08) kemarin dengan Protokol Pencegahan COVID-19.

 

Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein, upacara kali ini didasari surat Menteri Sekretariat Negara Nomor B-492/M.Sesneg/Set/TU.004/07/2020 tanggal 6 Juli 2020 perihal Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020, maka penyelenggaraan Upacara Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tingkat Kabupaten Banyumas dilaksanakan secara sederhana dan khidmat, minimalis dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Peserta upacara yang terdiri dari 3 elemen, yaitu TNI, POLRI, dan ASN berikut FORKOPIMDA Kabupaten Banyumas mengikuti jalannya upacara yang dilaksanakan di halaman Pendopo Sipanji Purwokerto.

 

Pengibaran bendera dilaksanakan oleh 3 orang anggota Paskibra Kabupaten Banyumas tahun 2019 yang ditugaskan pada tahun 2020 ini. Ketiga orang tersebut adalah: Daffa Arya Danendra dari SMAN 2 Purwokerto, dan Gilang Ratha Faiza dari SMAN Ajibarang dan Febrian Zaqy Nugroho dari SMAN Jatilawang.

 

Bupati Achmad Husein dalam sambutannya membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang berisi kisah inspiratif seorang kakek bernama Mbah Padmo (70 tahun) asal Dusun Girpasang Kemalang Kabupaten Klaten, yang memberi wejangan kepada Ganjar Pranowo "Urip kui sanajan abot tetep kudu dilakon. Ojo sambat lan ojo ngeluh. Ojo mandeg senajan dengkul wis ndhredeg", yang kurang lebih artinya meskipun hidup ini berat tetap harus dijalankan. Jangan memelas dan jangan mengeluh. Jangan berhenti meskipun lutut bergetar. Semangat "Jangan Mengeluh" inilah yang harus ada di setiap dada kita. Termasuk kondisi di tengah pandemi sebagaimana yang kita rasakan sekarang.

 

Pada sore harinya, Wakil Bupati Sadewo Tri Lastiono bertindak sebagai inspektur upacara Penurunan Bendera dan bertugas 3 orang anggota Paskibra yaitu: Yoga Dian Pratama dari SMAN Banyumas, Marcel Cahyo Pratama dari SMAN 3 Purwokerto dan Vito Andhika Prasetyo dari SMKN 2 Purwokerto. Sebelumnya terpilih 7 orang sebagai calon paskibraka untuk Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tingkat Kabupaten Banyumas tahun 2020 ini, hanya saja 1 orang paskibraka mengalami kecelakaan sebelum bertugas, sehingga harus mengundurkan diri dari pemusatan latihan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar