Dinporabudpar Gelar FGD Jenderal Soedirman, Lomba Mewarnai, Lukis dan Karya Tulis Anak

Rabu, 21 Agustus 2019 | 3241 Kali
Dinporabudpar Gelar FGD Jenderal Soedirman, Lomba Mewarnai, Lukis dan Karya Tulis Anak

Purwokerto - Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas menyelenggarakan Fokus Group Discusion Perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman serta lomba mewarnai, seni lukis dan karya tulis di Museum Panglima Besar Jenderal Soedirman Karanglewas pada Selasa (20/08).

 

Dibuka oleh Bupati Banyumas yang diwakili Kepala Dinporabudpar Kabupaten Banyumas Drs. Asis Kusumandani, M.Hum., dan sajian tari Seblak Rimong, Bupati dalam sambutannya mengharapkan agar warga Banyumas harus bangga serta bisa meniru, melestarikan dan melanjutkan perjuangan Panglima Besar Jendera Soedirman, tokoh besar yang lahir di Purbalingga, masa kecil dan remaja di Cilacap dan saat dewasa gigih berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dengan basis perjuangan di Banyumas sebagai Panglima Divisi V/Banyumas sebelum menjadi Panglima Besar TKR / Panglima Angkatan Perang Republik Indonesia.

 

Sejalan hal tersebut, dalam rangka mewujudkan tatanan masyarakat yang berbudaya serta berkepribadian dengan menjungjung tinggi nilai nasionalisme dan religius, Bupati beharap Fokus Grup Discussion (FGD) perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman, lomba mewarnai, melukis dan karya tulis bisa menjadi sarana untuk pencerahan dan pembelajaran khususnya "perjalanan sejarah' perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman dengan lebih mengetahui dan memahami "budaya dan sejarah" Banyumas, diharapkan generasi muda Banyumas bisa menjadi penjaga budaya dan sejarah Banyumas sekaligus penerus satria-satria Banyumas yang cablaka, egaliter, tangguh, sederhana dan berkarakter seperti halnya sosok Panglima Besar Jenderal Soedirman.

 

Tampil sebagai pembicara pada diskusi kali ini adalah Bambang Widodo, Purbo Winoto dan Warkim. Diskusi ini juga dihadiri Ketua MKKS SMA dan Ketua MKKS SMP Kabupaten Banyumas, Korwilcam Dinas Pendidikan Purwokerto Barat dan Korwilcak Dinas Pendidikan Karanglewas, Kepala SMPN 4 Purwokerto, peserta FGD dan tamu undangan lainnya.

 

Bersamaan dengan acara tersebut, dilaksanakan pula lomba mewarnai untuk siswa TK, lomba lukis untuk siswa SD/Sederajat dan lomba karya tulis untuk tingkat SMP/Sederajat. Mengambil tema Deskripsi Museum Jenderal Soedirman, lomba ini diikuti oleh sekolah perwakilan dari 27 kecamatan di Kabupaten Banyumas. dan lomba karya tulis diikuti oleh 35 peserta dari SMP se-kabupaten Banyumas.

 

Berikut hasil lomba mewarnai tingkat TK :
Juara I : Kayessa Syakira Irwanto dari TK Diponegoro 146 Purwokerto Barat
Juara II : Silfia Apriliona dari TK Pertiwi Pernasidi Cilongok
Juara III : Salsabila Aisyahrani dari TK Pertiwi Cikakak Wangon

Hasil lomba lukis tingkat SD/Sederajat:
Juara I : Akmal Kholili dari SDN Pesantren Tambak
Juara II : Naufa Nadya Sunarto dari SDN Karanglewas Kidul
Juara III : Khanza Lituhayu Andiny dari SD Muhammadiyah Cipete

Lomba karya tulis tingkat SMP/Sederajat:

Juara I   : Naila Fairuz Zahra dari SMPN 1 Sumbang

Juara II  :  Nurmaliza Tiara H. dari SMPN 1 Kebasen

Juara III : Miftachul Fitria  dari SMPN 1 Patikraja

 

 

 

 

Komentar