Kirab Pusaka Dalam Rangka Hari Jadi Ke-448 Banyumas, Meriah.

Senin, 18 Pebruari 2019 | 2023 Kali
Kirab Pusaka Dalam Rangka Hari Jadi Ke-448 Banyumas, Meriah.

Purwokerto - Gelaran Event Hari Jadi yang bertajuk Kirab Pusaka dalam rangka Hari Jadi ke-448 Kabupaten Banyumas tahun 2019 telah dilaksanakan pada Minggu (17/02) dengan mengambil start dari Pendopo Wakil Bupati menuju Pendopo Si Panji Banyumas.

 

Dipadati ribuan warga masyarakat yang berjajar di sepanjang jalan Jenderal Soedirman sejak pukul 08.00 pagi, keempat pusaka kebesaran Kabupaten Banyumas yaitu Tombak Kyai Genjring, Keris Kyai Gajah Endro, Keris Kyai Nalapraja dan Kitab Stambul dikirab untuk disimpan di Pendopo Si Panji Banyumas dengan suatu upacara Palereman.

 

Diberangkatkan oleh Bupati Banyumas Achmad Husein dan dihadiri Forkompimda Kabupaten Banyumas, kirab yang diawali dengan Manggala Yudha diikuti lambang daerah, Tombak Kyai Genjring, Keris Kyai Gajah Endro, Keris Kyai Nalapraja dan Kitab Stambul. Dikirab juga foto Bupati Banyumas dari masa ke masa. Bupati Banyumas pertama diperagakan oleh Miftahul Abror (Juara 2 Kakang Banyumas) dan Lilin Eva Putrisari (Juara 1 Mbekayu Banyumas) yang menaiki kereta kuda.

 

Bupati Achmad Husein yang merupakan bupati ke-31 berjalan di belakang iring-iringan foto bupati sebelumnya. Dengan didampingi Ibu Erna Husein, menyapa warga masyarakat Banyumas di sepanjang Jalan Jenderal Soedirman yang dilalui kirab pusaka ini. Di belakang rombongan Bupati tampak Wakil Bupati Drs. Sadewo Tri Lastiono beserta ibu , kemudian diikuti rombongan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan Rombongan DPRD Kabupaten Banyumas. Barulah rombongan Sekretariat Daerah menyusul di belakangnya di kelompok B.

 

Upacara palereman pusaka dilaksanakan pukul 12.30 WIB di halaman Pendopo Si Panji Purwokerto oleh Bapak Wakil Bupati Drs. Sadewo Tri Lastiono secara khidmat. Bertindak sebagai Suba Manggala diperagakan oleh Kabag Ops Polres Banyumas Kompol Zaenal Arifin sejak pemberangkatan kirab dan upacara palereman senjata. Gelaran Kirab Pusaka ini juga melibatkan putra dan putri SMKI, SMAN 4 Purwokerto, SMAN 5 Purwokerto, SMAN Patikraja dan SMK Nasional Purwokerto.

 

 

 

 

Komentar