Boyongan Saka Guru Pendopo Si Panji Banyumas

Senin, 11 Pebruari 2019 | 5421 Kali
Boyongan Saka Guru Pendopo Si Panji Banyumas

Banyumas - Prosesi Rengosan Saka Guru Pendopo Si Panji Banyumas yang merupakan rangkaian event Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke-448 Tahun 2019 dilaksanakan Minggu (10/02) dengan dihadiri Menko PMK Puan Maharani dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

 

Prosesi yang diawali dengan pelepasan 3 saka guru pendopo dan kelengkapan layaknya pindahan rumah dan dibawa oleh finalis Kakang Mbekayu Duta Wisata Banyumas 2018. Hanya 3 saka yang dibawa karena diceritakan sudah ada 1 saka guru yang telah sampai di Pendapa Si Panji Purwokerto yang tidak bisa dipindahkan dengan menyeberangi Sungai Serayu.

 

Boyongan atau masyarakat Banyumas menyebut dengan rengosan ini dilaksanakan secara estafet, mulai dari Pendopo Duplikat Si Panji Kec. Banyumas melalui jembatan Sungai Serayu, pertigaan Sangkal Putung kemudian melewati Bundaran Margono, ke arah Jalan Jenderal Soedirman Timur dan lurus ke arah barat hingga alun-alun Purwokerto dan berakhir di Pendapa Si Panji Purwokerto. Walaupun hujan deras selama perjalanan tetapi semangat para pembawa Saka Guru Pendopo Si Panji tidak surut.

 

Sesampainya di Pendopo Si Panji Purwokerto, diterima oleh Bupati Banyumas Achmad Husein beserta Ibu Erna Husein. Setelah ketiga saka guru disatukan dengan 1 saka guru yang sudah sampai terlebih dahulu di halaman Pendopo Si Panji Purwokerto, keempatnya kemudian ditegakkan. Acarapun dilanjutkan dengan Lenggeran.

 

Komentar