Festival Takir Banyumas 2018 Meriah

Senin, 17 Desember 2018 | 2521 Kali
Festival Takir Banyumas 2018 Meriah

Banyumas - Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas kembali menyelenggarakan Festival Takir yang diikuti oleh seluruh masyarakat dari wilayah Kabupaten Banyumas. Festival ini diselenggarakan pada Jumat (14/12) malam, bertempat di Alun-alun Kecamatan Banyumas.


Dibuka secara resmi oleh Bupati Banyumas yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banyumas, Ir. Wahyu Budi Saptono, M.Si, dan dihadiri oleh Forkompinca setempat, Ketua TP PKK Kabupaten Banyumas Ibu Erna Husein, Festival Takir ini mengambil tema "Nguri-uri Tinggalane Kaki Nini"


Kepala Dinporabudpar yang diwakili oleh Sekretaris Dinporabudpar Drs. Suwondo, M.M. menyampaikan bahwa maksud dan tujuan diselenggarakannya Festival Takir ini adalah untuk melestarikan nilai-nilai tradisi Banyumas, menghidupkan aktivitas tradisi dan budaya masyarakat Kabupaten Banyumas khususnya di Kecamatan Banyumas dan sekitarnya yang diproyeksikan menjadi sentra budaya Banyumas di masa yang akan datang.


Yang difestivalkan adalah Takir Mitoni, Takir Bancakan dan Takir Slamet dan diarak oleh peserta dengan rute melewati panggung kehormatan ke arah barat, mengelilingi Alun-alun Banyumas. Pada kegiatan ini juga dilaksanakan acara pemakaian iket Banyumasan dan juga pentas tradisi "Mitoni" pada masyarakat Banyumas oleh Sanggar Putra Bongas. Mitoni merupakan tradisi masyarakat Banyumasan yang dilaksanakan manakala ibu hamil sudah memasuki usia kehamilan tujuh bulan, yang dalam bahasa Jawa adalah "Pitung Wulan" oleh karena itu diselenggarakan tradisi "Mitoni".

Bupati Banyumas beserta Kepala Dinporabudpar Kabupaten Banyumas hadir di penghujung acara setelah menghadiri Opening Ceremony BikeTourRunDance di Bukit Bintang Baturraden.

Berikut keputusan hasil sidang para juri atas penilaian Festival Takir 2018:
Takir Slamet:
a. Juara I : no undi 46 (SMPN 3 Banyumas)
b. Juara II : No undi 43 (DS.Bangsa,Kec.Kebasen)
c. Juara III : No undi 74 (Patikraja)
Takir mitoni:
a. Juara I : No undi 24 (Kec.Cilongok)
b. Juara II : no undi 69 (Kec.Kalibagor)
c. Juara III : No undi 52 (SMKN 1 Banyumas)
Takir Bancakan:
a. Juara I : no undi 45 (Kec.Kembaran)
b. Juara II : no undi 47 (Ds.Karangrau, Banyumas)
c. Juara III : No undi 42 (Ds.Kedunggede,banyumas)

 

Komentar