Manggar Emas Wisata Pereng Cilongok Juara Lomba Pokdarwis Kabupaten Banyumas

Senin, 26 November 2018 | 589 Kali
Manggar Emas Wisata Pereng Cilongok Juara Lomba Pokdarwis Kabupaten Banyumas

Purwokerto - Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas menyelenggarakan Festival Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) pada Sabtu s.d Minggu (24-25/11) bertempat di Taman Rekreasi Andhang Pangrenan (TRAP) Purwokerto.

 

Dibuka secara resmi oleh Bupati Banyumas yang diwakili oleh Kepala Dinporabudpar Drs. Asis Kusumandani, M.Hum, Festival Pokdarwis ini diikuti oleh 12 Kelompok Sadar Wisata di wilayah Kabupaten Banyumas. Kepala Bidang Pariwisata, Drs Saptono Supriyanto menyampaikan bahwa maksud dan tujuan diselenggarakankan Festival Pokdarwis ini adalah untuk mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan industri kerakyatan pariwisata dan industri kreatif. Selain itu juga untuk menyiapkan desa yang mempunyai potensi wisata yang memadai yang akan dijadikan sebagai dewa wisata, menciptakan lapangan kerja baru di bidang kepariwisataan.

 

Kepala Dinporabudpar Kabupaten Banyumas menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada kelompok Pokdarwis yang berpartisipasi pada kegiatan ini. Kabupaten Banyumas memiliki banyak sekali potensi wisata seperti banyaknya curug-curug yang terdata sejumlah 109 curug di seluruh wilayah Kabupaten Banyumas. Disampaikan pula bahwa sektor pariwisata di tingkat nasional menjadi program unggulan, karena tidak akan habis. Bahkan Arab Saudi juga sudah mengarah ke sektor pariwisata untuk cadangan devisa setelah sektor minyak bumi. Pada Sabtu malam harinya diselenggarakan lomba yel-yel, paparan potensi wisata, dan sarasehan kepariwisataan.

 

Narasumber sarasehan kali ini adalah Sisworo dari Desa Wisata Karangsalam Baturraden. Materi penilaian adalah stand pameran potensi wisata dan produk unggulan, selalin itu juga ada yel-yel, paparan potensi wisata dan antraksi seni budaya yang diselenggarakan pada malam harinya. Tampil sebagai juara pada Festival Pokdarwis kali ini adalah: Juara I : Pokdarwis Manggar Emas, Wisata Pereng, Kec. Cilongok; Juara II : Pesona Kalisalak, Kec. Kebasen; Juara III : Langgeng Rahayu Kemutug Kidul, Kec. Baturraden. Juara pertama Festival Pokdarwis ini akan mewakili Banyumas pada ajang Festival Desa Wisata atau Lomba Pokdarwis di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Komentar