Dinporabudpar Juara 2 Lomba Kirab Batik Hari Batik Nasional 2018

Kamis, 04 Oktober 2018 | 2556 Kali
Dinporabudpar Juara 2 Lomba Kirab Batik Hari Batik Nasional 2018

Purwokerto - Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas mendapat kehormatan sebagai Juara 2 Lomba Kirab Batik Dalam Rangka Hari Batik Nasional yang dilaksanakan pada Selasa (2/10) yang lalu.


Kirab Batik yang selenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Banyumas diikuti oleh kurang lebih 104 regu peserta yang terbagi dalam 3 kategori yaitu Kategori A yang diikuti oleh Dinas/Instansi/Unsur, Kategori B yang diikuti BUMN/BUMD/Organisasi Masyarakat/IKM/UKM/Umum, dan kategori C yang diikuti oleh sekolah. Mengambil start di Alun-alun Purwokerto menuju Jalan Jenderal Soedirman ke arah timur, berbelok ke Jalan Merdeka, Jalan Gatot Soebroto dan finish di Jalan Masjid Purwokerto. Semua peserta melewati panggung kehormatan dan masing-masing mendapat sambutan dari Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein dan anggota Forkompimda Kabupaten Banyumas. Bupati Banyumas dalam sambutannya mengajak seluruh warga Banyumas untuk mensosialisasikan, memviralkan batik agar batik Banyumasan dikenal di wilayah lain bahkan nasional maupun internasional, karena dengan demikian IKM Batik Banyumas akan semakin berkembang yang pada akhirnya akan mengangkat kesejahteraaan masyarakat pengrajin batik.


Dinporabudpar Kabupaten Banyumas berpartisipasi dengan mengirimkan satu regu yang terdiri dari karyawan/karyawati beserta Juara 3 Kakang dan Mbekayu Banyumas dengan diiringi musik dan membawa kuda lumping. Mengenakan batik Banyumasan yang bermotif Babon Angrem, dan barisan yang dipimpin oleh Kepala Dinporabudpar kabupaten Banyumas Drs. Asis Kusumandani, M.Hum ini ternyata menyita perhatian juri hingga mendapat kehormatan menjadi Juara 2 Lomba Kirab Batik Dalam Rangka Hari Batik Nasional ini.


Berdasarkan Surat Kepala Dinperindag Kabupaten Banyumas nomor: 530/4052 tertanggal 3 Oktober 2018, Juara 1 Kategori A jatuh pada nomor peserta A-42 yaitu Kecamatan Sumpiuh. Disusul Dinporabudpar Kabupaten Banyumas dengan nomor peserta A-48 sebagai Juara 2 dan Kecamatan Kalibagor dengan nomor peserta A-33 sebagai Juara 3. Sedangkan mendapat Juara Harapan 1,2 dan 3 berturut-turut adalah Kecamatan Somagede, Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas dan RSUD Ajibarang.


Di Kategori B tampil sebagai Juara 1 adalah Batik Anto Djamil, disusul Moro Grosir dan Ritel sebagai Juara 2, dan Kelompok Batik Keser Kecamatan Patikraja sebagai Juara 3. Sedangkan Juara Harapan 1,2 dan 3 diraih Batik Hadipriyanto, Yayasan Plus Bruderan Karitas dan SMPN 1 P Urwokerto.


Di Kategori C yang diikuti oleh sekolah, tampil sebagai Juara 1 adalah SMK Negeri 3 Purwokerto, disusul Juara 2 adalah SMAN 2 Purwokerto, dan Juara 3 SMAN 4 Purwokerto. Sedangkan Juara Harapan 1,2 dan 3 diraih SMPN 7 Purwokerto, SMPN 1 Purwokerto dan SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto.

 

 

 

 

 

 

 

Komentar