Lomba Olahraga Tradisional Untuk Pelajar Digelar di GOR Satria

Selasa, 14 Agustus 2018 | 9244 Kali
Lomba Olahraga Tradisional Untuk Pelajar Digelar di GOR Satria

Purwokerto - Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-73 dan Hari Olahraga Nasional ke-35, Dinporabudpar Kabupaten Banyumas menyelenggarakan Lomba Olahraga Tradisional Untuk TK,SD,SMP/Sederajat dilaksanakan hari ini Senin (13/8) bertempat di Kompleks GOR Satria Purwokerto. Dibuka oleh Kepala Dinporabudpar Drs. Asis Kusumandani, M.Hum dan diikuti oleh ribuan siswa/siswi dari 3 tingkatan pendidikan tersebut.


Kegiatan Lomba Olahraga Tradisional ini adalah untuk kali pertama diselenggarakan oleh Dinporabudpar bagi kalangan pelajar dan mahasiswa. Setelah sebelumnya menyelenggarakan kegiatan serupa yang diperuntukkan bagi Forkompinda dan Organisasi Wanita di Kabupaten Banyumas, Bidang Olahraga Dinporabudpar kali ini mengajak siswa/siswi SD, SMP dan SMA/Sederajat serta Perguruan Tinggi untuk melestarikan berbagai jenis olahraga tradisional yang ada di masyarakat sejak dulu, untuk dilestarikan dan dikembangkan.


Tahap pertama dilaksanakan untuk siswa/siswi TK,SD, dan SMP/sederajat pada Senin s/d Selasa (13-14/8). Siswa/siswi Taman Kanak-kanak yang pada tahun 2017 lalu telah dilibatkan dalam rangka Pengembangan Olahraga Rekreasi yaitu pada kegiatan Senam Sehat Ceria antar TK se-Kabupaten Banyumas, kini kembali diikutsertakan dalam kegiatan olahraga tradisional ini. Mengambil cabang olahraga yang mudah diterima anak-anak TK seperti lompat tali karet dan memindahkan karet secara estafet.


Siswa/siswi SD/Sederajat juga turut serta ambil bagian dalam kegiatan ini, dengan cabang Sunda Manda dan Gobag Sodor. Permainan tradisional yang sebenarnya telah dikenal anak-anak sejak dulu, dan tahun ini Dinporabudpar Kabupaten Banyumas mengujicobakan jenis permainan ini menjadi olahraga tradisional yang sebenarnya sudah terlebih dahulu menjadi olahraga tradisional di tingkat Provinsi Jawa Tengah.


Bagi Siswa/siswi SMP/Sederajat diselenggarakan lomba Benthik dan Gadongan. Kedua jenis olahraga ini tentunya masih asing bagi anak-anak. Pertama kali diangkat Dinporabudpar Kabupaten Banyumas pada Peringatan Hari Olahraga Nasional tingkat Kabupaten Banyumas tahun 2016 bertempat di Lapangan SMAN Ajibarang, lomba Benthik ini diprakarsai oleh Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein. Diikuti oleh perwakilan desa se-Kabupaten Banyumas.


Kegiatan yang berpusat di Kompleks GOR Satria Purwokerto di bawah hangatnya matahari pagi ini akan direncanakan dilaksanakan setiap tahunnya. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan kepada siswa/siswi sekolah dan perguruan tinggi, sekaligus melestarikan jenis olahraga tradisional agar tidak punah.


Bagi Siswa/siswi SMA/Sederajat dan Perguruan Tinggi akan diselenggarkaan Tahap II yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 s.d 19 September 2018 yang akan datang dengan cabang Egrang dan Terompah Panjang. 

 

Berikut para juara Lomba Olahraga Tradisional Pelajar 2018:

LOMPAT TALI KARET UNTUK TK:

Juara 1 : UPK Rawalo

Juara 2 : UPK Cilongok

Juara 3 : UPK Sumpiuh

 

MEMINDAH KARET UNTUK TK:

Juara 1 : TK Pertiwi Sawangan

Juara 2 : TK Pertiwi Tambak Negara Rawalo

Juara 3 : TK Negeri Pembina Purwojati

 

GOBAG SODOR UNTUK SD:

Juara 1 : SDN 1 Bobosan

Juara 2 : SDN Muhammadiyah

Juara 3 : SDN 4 Grendeng

 

GADONGAN UNTUK SMP:

Juara 1 : SMPN 8 Purwokerto A

Juara 2 : SMPN 9 Purwokerto B

Juara 3 : SMPN 9 Purwokerto A

 

BENTHIK UNTUK SMP:

Juara 1 : SMPN 2 Purwokerto A

Juara 2 : SMPN 2 Purwokerto B

Juara 3 : SMPN 8 Purwokerto A

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar