Spektakuler Ca-Rock

Senin, 12 Maret 2018 | 3047 Kali
Spektakuler Ca-Rock

Purwokerto - Taman Rekreasi Andhang Pangrenan menjadi tempat event penyelenggaraan "Spektakuler Ca-Rock" pad hari Sabtu, 10 Maret 2018 kemarin. Event yang masuk dalam kalender tahunan event budaya dan pariwisata Kabupaten Banyumas ini merupakan event spektakuler dimana alat musik Calung dikolaborasikan dengan alat musik modern, yang tentunya memerlukan latihan khusus dan harmonisasi yang bisa menyatu antara jenis musik tradisional dengan musik modern.

Dihadiri oleh Sekretaris Dinporabudpar Drs. Suwondo, MM, Kabid Kebudayaan, dan staff bidang Kebudayaan Dinporabudpar Kabupaten Banyumas dan masyarakat yang berada di Taman Rekreasi Andhang Pangrenan sore itu. Dibuka oleh Sekretaris Dinporabudpar Drs. Suwondo, MM yang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi untuk para seniman yang tampil pada acara tersebut, bahwasannya inilah event spektakuler yang berhasil menggabungkan alat musik tradisional Banyumas yaitu Calung dengan alat musik modern. Hanya saja cuaca yang kurang bersahabat sehingga penonton mungkin kurang antusias untuk hadir. Apalagi hujan deras mengguyur Purwokerto sejak magrib sampai dengan event dimulai. Akan tetapi tidak menyurutkan semangat seniman Banyumas untuk berkarya.

Dibuka dengan penampilan grup GNKG yang selalu menyajikan lagu ciptaan mereka sendiri dengan berbahasa Banyumasan Ngapak, dan beraliran rock. Barulah grup calung SMKN 1 Banyumas memberi intro untuk penampilan kolaborasi mereka. Membawakan beberapa lagu bernuansa etnik jawa, kolaborasi ini menarik karena tidaklah mudah membuat harmonisasi sebuah lagu dengan alat musik calung agar menyatu dengan alat musik modern.

 

 

 

 

 

Komentar